MUI Ingatkan Masyarakat Tidak Larut Berbelanja di Pekan Akhir Ramadhan

Jakarta, MINA – Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Cholil Nafis memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak terlalu larut dalam hiruk pikuk berbelanja di pekan akhir bulan Ramadhan.

Pada di bulan Ramadhan, biasanya masyarakat mulai disibukkan dengan kegiatan berbelanja pakaian baru untuk menyambut idul fitri. Tidak jarang di berbagai tempat perbelanjaan seperti mall, dan pasar dipenuhi oleh umat Islam.

“Akhir Ramadhan ini sebenarnya adalah finalnya, seharusnya kita bersiap-siap untuk menyambut lailatul qodar, bukan bersiap-siap untuk berbelanjanya,” ujar Kiai Cholil seperti dikutip dari MUIDigital, Rabu (12/4).

“Boleh berbelanja untuk lebaran, tapi jangan sampai sepuluh hari terakhir kita justru larut di situ,” tegasnya.

Baca Juga:  Menlu Retno Bahas Persiapan Evakuasi WNI di Timur Tengah

Kiai Cholil menjelaskan, malam lailatul qodar ini adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam lailatul qodar ini umat Islam dianjurkan untuk mengikuti jejak rasulullah shalallahu alaihi wasallam dengan amalan-amalan yang disunnahkan.

“Umat Islam di akhir ramadhan ini sebaiknya mengikuti Rasulullah saw, yaitu perbanyak iktikaf di masjid dan perbanyak juga membaca al-qur’an. Karena di akhir ramadhan ini kita menyambut lailatul qodar, yang mana lailatul qodar itu ‘خَيۡرٌ مِّنۡ اَلۡفِ شَهۡرٍؕ’, lebih baik dari seribu bulan” ujar Kiai Cholil.

Kiai Cholil juga mengimbau agar pada sepuluh hari terakhir di bulan ramadhan ini umat muslim lebih memperbanyak melakukan I’tikaf di masjid, memperbanyak membaca Al-Quran, memperbanyak beristighfar dan juga bersholawat. (R/R5/P1)

Baca Juga:  Thomas Cup 2024: Kalahkan Chinese Taipei, Indonesia Lolos ke Final

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.