Obama Kecam Penanganan Covid19 Pemerintah AS

Washington, MINA – Mantan Presiden AS Barack pada Sabtu (16/5) mengecam pemerintah AS yang tidak cukup kuat merespon  pandemi Covid19.

Obama mengatakan ini kepada lulusan perguruan tinggi dalam sambutan online “Show Me Your Walk, HBCU,” sebuah acara dua jam untuk siswa yang lulus dari sekolah tinggi dan universitas kulit hitam yang disiarkan di YouTube, Facebook, dan Twitter.

Ia menyebut banyak pejabat “bahkan tidak berpura-pura untuk bertanggung jawab,” menghadapi keadaan darurat. Arab News melaporkan, Ahad (17/5).

“Lebih dari segalanya, bahwa pandemi ini telah membuka tirai, begitu banyak orang yang bertanggung jawab mestinya tahu apa yang mereka lakukan,” kata Obama.

Obama tidak menyebut nama Presiden Donald Trump atau pejabat federal atau negara bagian lainnya dalam komentarnya.

Beberapa hari sebelumnya, Obama berkomentar dengan keras mengkritik penanganan Trump atas pandemi sebagai “bencana kekacauan mutlak.”

Pernyataan permulaan adalah tanda terbaru bahwa Obama berniat untuk memainkan peran yang semakin aktif dalam pemilihan mendatang.

Dia ridak muncul selama bertahun-tahun sejak meninggalkan kantor keperesidenan.

Obama mengatakan kepada para pendukungnya melalui saluran telepon bahwa dia akan “menghabiskan waktu sebanyak yang diperlukan dan berkampanye sekeras yang saya bisa” untuk Joe Biden, calon presiden dari partainya, Partai Demokrat.

AS melaporkan tambahan kasus 1.237 kematian akibat virus corona hanya dalam 24 jam terakhir. Sehingga total kematian mencapai 88.730, menurut penghitungan real-time terbaru Sabtu (16/5) oleh Johns Hopkins University.

Negara itu paling terpukul oleh pandemi dalam hal jumlah kematian dari jumlah total terkena virus Corona mencapai 1.466.682 orang.

Total global untuk infeksi COVID-19 yang dikonfirmasi adalah pada 4.716.932 pada Sabtu malam, sementara jumlah kematian meningkat menjadi 312.902.

Di belakang AS ada Rusia, Inggris, Brazil, Italia dan Spanyol.

Obama juga akan menyampaikan pidato pembukaan prime-time televisi pada Sabtu malam untuk Kelas SMA 2020 dalam acara yang berlangsung satu jam dengan LeBron James, Malala Yousafzai dan Ben Platt. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.