Olimpiade Sains & Teknologi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam

Jakarta, MINA- Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama akan menggelar Olimpiade Sains & Teknologi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (OSKI) 2019.

UIN Alauddin Makassar terpilih sebagai tuan rumah ajang yang kali pertama akan digelar pada September 2019 nanti, demikian keyetangan Kemenag yang diterima MINA.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Arskal Salim mengatakan, OSKI 2019 bertujuan menjadi wahana ajang kompetisi ilmiah untuk memotivasi civitas akademika Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

“Agar mereka melakukan kreatifitas dan mampu mengembangkan potensi keilmuan yang ada di kampus,” ungkap Guru Besar bidang Politik Hukum Islam UIN Jakarta itu saat memimpin pertemuan terkait persiapan OSKI 2019 di Kantor Kemenag Pusat, Senin (12/8).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Subdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Suwendi mengungkapkan, tema yang akan diangkat dalam OSKI 2019 yakni “Peran dan Tantangan Sains Dan Teknologi Menuju Revolusi Industry 4.0: Sintesis, Karakter, dan Properti.”

Menurut Wendi, olimpiade sains dasar, dikhususkan bagi jurusan biologi, fisika, kimia, matematika, pemrograman dan turunan sains dasar lainnya.

Sedangkan lomba karya inovasi bidang ilmu dikhususkan bagi yang memiliki relevansi dengan tema terkait lLiterasi dan inovasi teknologi, Nanoteknologi dan produk kesehatan, Produk halal dan ketahanan pangan,dan Deteksi dan mitigasi bencana.

“Selain itu, ada juga tema terkait Iklim, Limbah, Lingkungan dan Sumber daya terbarukan serta tema sosial keagamaan,” tambah Suwendi.

Seluruh proses registrasi peserta dilakukan secara online pada perguruan tinggi masing-masing. Informasi peserta yang telah terdaftar dalam kegiatan Olimpiade Sains dan Teknologi PTKI 2019, dapat dilihat pada akun tiap peserta.

Berbagai hal mengenai penyelenggaraan olimpiade sains dan teknologi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam 2019 dapat dilihat melalui web OSKI, https://oski2019.id/. (R/Gun/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)