OPRAH WINFREY EKSPLORASI KEINDAHAN ISLAM LEWAT SERIAL BELIEF

Oprah Winfrey (The Express Tribune)
Oprah Winfrey (The Express Tribune)

Mississippi, 15 Muharram 1437/28 Oktober 2015 – Di dunia yang penuh dengan kefanatikan agama dan budaya, pemilik media Amerika sekaligus pembawa acara kenamaan, Oprah Winfrey, akan mempromosikan toleransi dan kerukunan lewat serial TV terbarunya, Belief.

Serial tersebut akan mengeksplorasi berbagai keyakinan spiritual dan praktik keagamaan di dunia. Demikian surat kabar The Express Tribune melaporkan seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Rabu (28/10).

Menurut Oprah, acara tersebut mengundang para pemirsa untuk menyaksikan beberapa perjalanan spiritual yang paling menarik di dunia melalui mata pemeluknya. Di samping itu Belief juga mengeksplorasi pencarian umat manusia yang sedang berlangsung untuk terhubung dengan sesuatu yang lebih besar dari diri kita sendiri.

Dalam rangka menyuguhkan serial tersebut, Oprah memfilmkan sejumlah tempat dan tradisi keagamaan, termasuk kota suci tempat umat pergi untuk menunaikan ibadah haji setiap tahun.

“Kami merasa mendapat kehormatan untuk memfilmkan haji dan mengeksplorasikan keindahan Islam,” ujar Oprah lewat akun Twitter pribadinya @Oprah.

Varun Soni, Dekan Religious Life pada University of Southern California, memberikan gambaran dan pengenalan tentang sejumlah agama besar.

Ketika memperkenalkan Islam, ia meluruskan kesalahpahaman masyarakat tentang agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad ini, termasuk tentang jihad. Soni juga menepis gagasan bahwa Islam mengajarkan peperangan.

Banyak pemirsa bereaksi positif terhadap siaran acara keyakinan dan praktik Islam, dan mengepresikan kesenangan mereka di Twitter. Seorang netizen, @ChrisSumlin, mengatakan ia banyak belajar tentang kepercayaan Islam lewat acara ini.

Di tengah masifnya gerakan radikalisme dan ekstremisme yang membajak nilai-nilai Islam, mudah-mudahan serial Belief akan membantu memperjelas kesalahpahaman dan mengurangi Islamophobia yang sedang berlangsung di dunia. (P022/R02)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0