Pakistan Siap Fasilitasi Akses Uzbekistan Menuju Pelabuhan Karachi dan Gwadar

Islamabad, MINA – Perdana Menteri Imran Khan  mengatakan negaranya akan memfasilitasi Uzbekistan untuk mendapatkan akses menuju Gwadar dan Karachi dalam upaya untuk meningkatkan konektivitas dan perdagangan regional.

Berbicara dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Uzbekistan Abdlaziz Kamilov di Islamabad, Rabu lalu, Imran Khan mengatakan Pakistan menawarkan rute terpendek menuju laut internasional ke semua republik Asia Tengah termasuk Uzbekistan dan dapat terbukti sebagai pintu gerbang ke Asia Tengah yang terkurung daratan.

Dalam laporan Kantor Berita OKI, Jumat (12/3), PM Khan menyatakan tekad Pakistan untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan Uzbekistan dan negara-negara Asia Tengah lainnya di bidang perdagangan, investasi, energi, dan pertukaran orang-ke-orang.

Mengekspresikan penghargaan untuk proyek kereta api Trans-Afghanistan yang diusulkan antara Pakistan, Uzbekistan dan Afghanistan, perdana menteri menggarisbawahi komitmen Pakistan untuk mendukung semua upaya untuk realisasi paling awal dari proyek konektivitas penting tersebut.

Menggarisbawahi hubungan bersejarah dan peradaban antara kedua negara, Imran Khan mengatakan bahwa Pakistan sangat menghargai hubungan persaudaraan yang erat dengan Uzbekistan dan ingin memperdalam kerja sama bilateral di semua bidang.

Dia secara khusus menekankan bahwa peningkatan perdagangan dan konektivitas regional merupakan landasan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

Sementara itu, perdana menteri menegaskan kembali dukungan kuat Pakistan untuk proses perdamaian Afghanistan, dengan menekankan pentingnya solusi politik yang dirundingkan.

Dia juga mengungkapkan harapan bahwa pihak Afghanistan akan memanfaatkan kesempatan bersejarah ini untuk bekerja sama secara konstruktif dan mengamankan penyelesaian politik negosiasi yang inklusif, berbasis luas dan komprehensif.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Uzbekistan Kamilov menyampaikan salam hangat dari Presiden Shavkat Mirziyoyev dan menegaskan kembali komitmen Uzbekistan untuk memperluas kerja sama bilateral dengan Pakistan di berbagai bidang.

Dia juga menyerahkan surat dari Presiden Mirziyoyev yang ditujukan kepada Perdana Menteri Imran Khan, mengundangnya untuk berpartisipasi dalam Konferensi Konektivitas Asia Tengah-Asia Selatan yang dijadwalkan berlangsung di Tashkent pada Juli 2021.(T/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)