Panglima TNI : Alutsista Terbaru Perkuat Pertahanan Negara

usai mengikuti pertandingan persahabatan bola voli dan catur di Plaza Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Pusat, Jumat (11/8). (Puspen )

Jakarta, MINA – TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, pengadaan Alat Utama Sistim Senjata () TNI terbaru berupa pesawat tempur Sukhoi-35 tujuannya untuk memperkuat pertahanan negara sesuai postur Minimum Essential Force (MEF) Renstra II TNI tahun 2015-2019.

Hal itu disampaikan setelah mengikuti pertandingan persahabatan bola voli dan catur dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tahun 2017, di Plaza Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Pusat, Jumat (11/8).

“Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu hanya mengajukan spesifikasi teknis meminta Sukhoi-35 lengkap dengan persenjataannya, sedangkan yang memprosesnya adalah Departemen Pertahanan Republik Indonesia,” katanya, demikian yang dikutip dari Pusat Penerangan (Puspen) TNI.

Menurutnya, pemilihan pesawat tempur Sukhoi-35 karena memiliki banyak keunggulan serta telah teruji dalam medan tempur untuk mengganti Armada tempur udara yang telah habis masa pakainya.

“Kita punya Pesawat F-5/Tiger yang lost time-nya sudah satu setengah tahun yang lalu, dari hasil diskusi maka Sukhoi-35 yang terpilih. Jadi, kita harus membeli Alutsista yang terbaik dan pernah diuji coba untuk perang, jangan kita membeli hal-hal yang belum pernah dicoba,” jelasnya.

Di sela itu, ia juga mengingatkan kepada generasi penerus bangsa harus dapat menjaga dan mengisi kemerdekaan dengan terus bekerja bersama membangun bangsa.

“Kita ini adalah generasi penikmat kemerdekaan. Kepada masyarakat dan warga negara Republik Indonesia, ingat bahwa perjuangan merebut kemerdekaan ini luar biasa penuh dengan pengorbanan, jerih payah kita sendiri, maka kewajiban kita adalah kerja, kerja dan kerja untuk mengisi kemerdekaan ini,” imbaunya.

Pertandingan tersebut melibatkan elemen TNI, Polri, Kemendagri dan wartawan dilakukan guna membangun jiwa sportivitas dan kebersamaan antar instansi.

“Pertandingan persahabatan ini dalam rangka rangkaian kegiatan memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72 tahun 2017 antara TNI, Kemendagri, Kepolisian dan Wartawan,” ujarnya. (R/R10/R01)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.