Parlemen Yordania Serukan Aksi Pagar Manusia di Sepanjang Perbatasan

Parlemen Yordania keluarkan memorandun untuk melakukan aksi pagar manusia di sepanjang perbatasan dengan Palestina (Foto: Quds Press)

Amman, MINA – pada Senin (6/11) memutuskan untuk melakukan aksi “” di sepanjang perbatasan Yordania-, dari utara kerajaan (Tiberias) hingga ujung selatan (kota Aqaba), untuk mengecam agresi Israel terhadap Gaza dan mendukung rakyat Palestina.

Perbatasan Yordania adalah yang terpanjang dengan “Palestina bersejarah” dan membentang hingga 335 kilometer.

Sebuah parlemen, yang ditandatangani oleh puluhan perwakilan dari berbagai partai dan lembaga pendukung lainnya, termasuk yang berafiliasi dengan pemerintah itu, menekankan tuntutan untuk menghentikan agresi Israel dan segala penindasa terhadap Palestina umumnya dan khususnya Gaza.

Memorandum yang dikutip Quds Press tersebut kiga menuntut dibukanya perbatasan dan penyeberangan, serta mencabut pengepungan di Jalur Gaza. Juga mengirimkan bantuan kemanusiaan dengan dukungan dan koordinasi internasional bersama Republik Mesir.”

Parlemen juga menyerukan rakyat Yordania, seluruh komponen dan kelompok, untuk berpartisipasi dalam aksi ini, sebagai ekspresi solidaritas terhadap rakyat Palestina dan menuntut diakhirinya pendudukan brutal oleh entitas Israel.

Para perwakilan juga menolak pemindahan paksa rakyat Palestina, dan menganggap Gaza dan wilayah Palestina lainnya adalah wilayah yang terkena dampak, menurut memorandum parlemen tersebut.

Dalam memorandum mereka, para perwakilan menyerukan pembentukan otoritas rekonstruksi internasional untuk membangun kembali Gaza.

Selama beberapa hari terakhir, berbagai provinsi di Yordania telah terjadi demonstrasi rakyat yang mengecam agresi Israel di Jalur Gaza dan mendukung perlawanan Palestina.

Selama 31 hari, tentara pendudukan Israel telah melancarkan agresi dahsyat terhadap Gaza, yang mengakibatkan 10.22 warga Palestina menjadi martir, termasuk 4.104 anak-anak dan 2.641 wanita, serta lebih dari 25.000 lainnya terluka.153 warga Palestina menjadi martir dan 2.150 orang ditangkap di Gaza. Tepi Barat, menurut sumber resmi Palestina. (T/B04/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.