PASUKAN PESHMERGAS IRAK MASUKI SURIAH BANTU KURDI

150 Pasukan Irak Peshmergas masuki Suriah Kobani (Foto : Press Tv)
150 Pasukan Peshmergas masuki Kobani (Foto : Press Tv)

Damaskus, 12 Shafar 1436H/6 Desember 2014M (MINA) – Sekitar 150 orang Peshmerga dari Iraq telah memasuki kota Suriah dari Kobani melalui , menggantikan rombongan pertama, untuk  membantu pasukan Kurdi melawan militan Takfiri .

Peshmerga mengatakan, pada Kamis,  para pejuang Kurdi memasuki kota Kobani akhir Selasa.

Merujuk pada pasukan Kurdi Irak yang telah memasuki kota yang terkepung pada awal November, sumber Peshmerga mengatakan, “rombongan pertama telah meninggalkan Kobani dan dalam perjalanan ke bandara saat ini.

Pasukan Kurdi melawan serangan teroris ISIL di Kobani sejak tiga bulan yang lalu, telah mencari dukungan dari para pejuang Peshmerga, seperti laporan Press Tv diberitakan Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jumat.

Di bawah tekanan akibat penolakan untuk memungkinkan bantuan pasukan Kurdi menyeberangi perbatasan ke wilayah Suriah, Ankara  diizinkan bergabung dengan rombongan pertama militan Peshmergas Irak ke Suriah pada akhir Oktober.

Menurut laporan setempat, pertempuran sengit di kota strategis Kobani telah memaksa lebih dari 200.000 orang mengungsi ke negara tetangga Turki.

ISIL mengontrol beberapa wilayah di Suriah dan Irak. Mereka terlibat dalam aksi kekerasan kemanusiaan di wilayah itu dibawah kendali mereka.

Sejak akhir September, Amerika Serikat AS dan sekutunya telah melakukan serangan udara terhadap ISIL di wilayah Suriah tanpa izin mandat PBB.

Washington juga telah melakukan serangan udara serupa terhadap ISIL di Irak sejak Agustus. Namun, penggerebekan sejauh ini gagal untuk mengusir ISIL. (T/P002/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://presstv.ir/detail/2014/12/05/388805/150-peshmergas-enter-syrias-kobani/

Comments: 0