Paus Fransiskus Serukan Pembukaan Koridor Kemanusiaan di Gaza

Vatikan, MINA – Pemimpin Katolik Paus Fransiskus menyerukan pembukaan untuk membantu warga sipil di jalur Gaza yang hingga saat ini terus dibombardir oleh pasukan pendudukan Israel, Al Jazeera melaporkan, Ahad (15/10).

Paus juga memperbarui seruannya untuk pembebasan tawanan yang ditahan oleh Hamas. “Saya sangat meminta agar anak-anak, orang sakit, orang lanjut usia, perempuan dan semua warga sipil tidak menjadi korban konflik,” kata Paus Fransiskus dalam pidato di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, Italia.

“Hak-hak asasi manusia harus dihormati, terutama di Gaza, di mana hal ini mendesak dan diperlukan untuk menjamin koridor kemanusiaan dan membantu masyarakat,” lanjutnya.

Pasukan pendudukan Israel terus memborbardir Jalur Gaza hingga menyebabkan ribuan warga sipi syahid dan memutus aliran listrik, bahan bakar, makanan dan medis ke wilayah yang diblokade itu.

Selain itu, militer Israel juga mengultimatum warga untuk segera berpindah ke daerah selatan dan mengevakuasi rumah-rumah sakit di Gaza utara. (T/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.