PEJABAT: IRAN TINGKATKAN DUKUNGAN MILITER UNTUK ASSAD

Pasukan Iran. (Foto: dok. ARA News)
Pasukan . (Foto: dok. ARA News)

Teheran, 5 Muharram 1437/18 Oktober 2015 (MINA) – Wakil Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian mengatakan, Teheran meningkatkan dukungan militernya bagi rezim Presiden Bashar Al-Assad dalam bentuk saran militer.

Dikutip dari televisi pemerintah Iran, Sabtu (17/10), Abdollahian membantah negaranya memiliki pejuang di tanah konflik Suriah.

“Kami memiliki penasihat militer di Irak dan Suriah atas permintaan pemerintah kedua negara. Kami akan meningkatkan bantuan untuk Suriah dalam bentuk saran dalam perang melawan terorisme,” katanya, ARA News melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Namun pada Jumat, seorang pejabat Amerika Serikat mengatakan, sebanyak 2.000 pejuang dari Iran dan sekutu regionalnya mendukung serangan tentara Suriah terhadap oposisi dalam koordinasi bersama Rusia.

Selain Suriah dan Hizbullah Lebanon, Iran adalah sekutu utama Assad, terlebih sejak perang saudara pecah pada 2011.

Seorang pejabat senior Iran mengatakan Kamis (15/10) dalam kunjungannya ke Suriah, Teheran akan mempertimbangkan mengirimkan pejuang jika rezim Assad memintanya.

“Jika Pemerintah Suriah membuat permintaan (kepada ), kami akan mempelajari permintaan dan membuat keputusan,” kata Ketua Keamanan Nasional Parlemen dan Komite Kebijakan Luar Negeri Iran, Alaedin Boroujerdi. (T/P001/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0