Pembangunan UIII, Gubernur Jabar Teringat Pesan Bung Karno

Depok, MINA – Presiden RI Joko Widodo meletakan batu pertama pembangunan Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Cimanggis, Depok, Selasa (5/6).

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengaku teringat pesan Bung Karno saat menerima gelar doktor honoris causa dari IAIN.

“Bung Karno pernah menekankan perlunya Universitas Islam yang membanggakan. Semoga kehadiran kampus ini akan menjadi jawaban dari harapan Bung Karno dan harapan tokoh bangsa lainnya,” tutur pria yang akrab di sapa Aher ini saat memberi sambutan pada peletakan batu pertama UIII di Depok, Selasa (5/6), demikian laporan Kemenag.

Hadir juga dalam kesempatan ini, Wapres Jusuf Kalla, Ketua Komisi VIII DPR, para pimpinan dan anggota lembaga Negara, Duta Besar Negara-negara sahabat, Menteri Kabinet Kerja, Walikota Depok, serta tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pimpinan Perguruan Tinggi.

Baca Juga:  MER-C Kirim Tim ke Mentawai Bangun Mushola dan Renovasi Sekolah

Aher mengaku bahagia dan bangga, Kota Depok dipilih sebagai lokasi pembangunan kampus UIII. Dia menilai keberadaan UIII akan memperkuat peran Jawa Barat dalam sejarah dan percaturan pendidikan di Indonesia dan global.

“Di Jawa Barat, banyak perguruan tinggi kelas dunia dan perguruan tinggi swasta ternama. Terlebih adanya UIII, kami berharap akan berdampak besar yang membawa Islam Indonesia yang moderat, toleran, dan berkemajuan ke pentas dunia,” ujarnya.

Menurut Aher, umat Islam di Jawa Barat terkenal moderat dan toleran terhadap keberagamaan, serta terbuka terhadap perbedaan pandangan. Untuk itu, UIII akan mendapat laboratorium Islam moderat bercorak Indonesia di lingkungan sekelilingnya. Hal ini tidak lepas dari sejarah masuknya Islam ke Jawa Barat yang berlangsung damai.

Baca Juga:  Fadli Zon: Konflik Geopolitik Sebabkan Krisis Air

“Kami insya Allah siap 100 persen, memberi dukungan sepenuhnya bagi pendirian UIII ini di tatar Jawa Barat,” tambahnya.

UIII akan dibangun di atas lahan seluas 142 hektar. Maksimal 30% dari lahan itu akan diisi bangunan, sedangkan 70% lainnya adalah taman sebagai lahan hijau untuk menjaga keseimbangan alam. Taman ini akan difungsikan sebagai ruang hijau kawasan kampus dan Kota Depok, sekaligus tempat rekreasi warga UIII dan sekitarnya. (R/R01/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Comments: 0