Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pemerintah Kota Padang Rencanakan Bangun Perpustakaan Modern

Insaf Muarif Gunawan Editor : Widi Kusnadi - 20 detik yang lalu

20 detik yang lalu

0 Views

duniaperpustakaan.com

Padang, MINA – Pemerintah Kota Padang akan membangun gedung perpustakaan modern dan terlengkap di pusat Ibukota Sumatera Barat. Peletakan batu pertama dijadwalkan Desember 2024 mendatang.

“Proses lelang pengerjaan akan segera dilakukan. Pengerjaan fisik diestimasi akan dimulai pada Februari 2025, dan diproyeksikan selesai dalam waktu enam bulan,” ucap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang, Ferri Mulyani Hamid, Selasa (24/9), demikian keterangan  yang diterima MINA.

Sejak gempa melanda Kota Padang pada tahun 2009, hingga kini ibu kota Provinsi Sumatera Barat tersebut belum memiliki gedung perpustakaan yang representatif.

“Iya, insya Allah kita akan punya gedung pustaka,” ujarnya.

Baca Juga: LPBH ICMI Bekasi Siap Bela ASN Masriwati

Gedung perpustakaan ini akan dibangun di sebelah Gedung Youth Center, di Jalan Bagindo Aziz Chan, Kota Padang. Dengan luas bangunan 1.600 meter persegi, gedung ini akan memiliki dua lantai dan dirancang sebagai pusat literasi yang modern dan ramah untuk semua kalangan.

“Pembangunan gedung pustaka ini menggunakan dana APBN sebesar Rp10 miliar,” ujar Ferri.

Lantai satu perpustakaan akan dilengkapi dengan ruang baca, ruang digital, musala, toilet, ruang bermain anak, dan ruang laktasi. Gedung ini juga dirancang ramah disabilitas, dengan aksesibilitas yang memadai bagi pengunjung difabel.

Sementara di lantai dua, akan terdapat studio mini, mini teater, galeri sejarah, ruang kerja bidang pustaka, dan fasilitas lainnya.

Baca Juga: Cuaca Jakarta Berawan Rabu Ini, Sebagian Wilayah Berpotensi Hujan

“Pembangunan fisik gedung ini dibiayai oleh APBN, sementara untuk fasilitas interior dan lainnya, akan dianggarkan melalui APBD Kota Padang sebesar Rp2,5 miliar,” jelas Ferri.

“Kami berharap, dengan adanya gedung pustaka terlengkap ini, kegemaran membaca di masyarakat akan meningkat, dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) Kota Padang bisa naik dari angka 70,” harapnya. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Pelatihan USAR Resmi Ditutup, Relawan Diminta Terus Siaga

Rekomendasi untuk Anda