PEMERINTAH ACEH BANTU MUSLIM ROHINGYA

Gubernur Aceh Zaini Abdullah memberikan tiga truk bantuan untuk pengungsi Muslim Rohingya yang ditampung di Lhoksukon, Aceh Utara, Kamis, 14 Mei 2015. (Foto: dok. Portal Satu)
memberikan tiga truk untuk pengungsi yang ditampung di Lhoksukon, Aceh Utara, Kamis, 14 Mei 2015. (Foto: dok. Portal Satu)

Banda Aceh, 25 Rajab 1436/14 Mei 2015 (MINA) – Gubernur Aceh Zaini Abdullah menyalurkan bantuan tiga truk untuk warga Muslim Rohingya yang terdampar di perairan Aceh Utara, Kamis (14/5) pagi.

Media lokal Aceh Portalsatu.com memberitakan, bantuan terdiri dari kebutuhan sandang, pangan, sembako dan pakaian yang diserahkan kepada Kadis Sosial Aceh, Drs. Al-Hudri, untuk langsung diantar ke Aceh Utara, di mana ratusan migran asal Myanmar dan Bangladesh ditampung.

Gubernur Zaini mengaku prihatin dengan kondisi mereka, terutama kaum ibu dan anak-anak.

“Sesama muslim adalah bersaudara. Nestapa dan kepiluan mereka juga bagian dari kehidupan kita,” kata Zaini.

Zaini berpesan kepada para pejabatnya untuk langsung menyalurkan bantuan spontanitas itu, karena para migran tersebut sangat membutuhkannya.

Selain Sembako, gubernur juga membantu dengan menyalurkan pakaian, sarung, perlengkapan tidur, peralatan mandi, dan sejumlah bantuan lainnya.

Kepala Dinas Sosial Aceh, Al-Hudri mengatakan, atas perintah Gubernur, pihaknya langsung mengantarkan sumbangan untuk warga Rohingya tersebut.

“Saya dan beberapa staf Dinsos akan mengawal dan ikut dalam konvoi pengiriman sumbangan ini ke Aceh Utara,” katanya.

Data terbaru dari Dinas Sosial Aceh, saat ini jumlah Muslim Rohingya yang ditampung di Gelanggang Olah Raga (GOR) Lhoksukon berjumlah 469 jiwa. Ada 98 wanita, 51 anak-anak dan selebihnya adalah laki-laki.

Beberapa dari mereka saat ini sedang menjalani perawatan medis karena kondisi tubuh yang lemah.

Pada Ahad sebelumnya, sebanyak empat kapal yang mengangkut 500-an muslim Rohingya dan Bangladesh yang sejatinya menuju Malaysia, terdampar di pantai Aceh Utara.(T/P001/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0