Pemukim Terduga Pembakar Masjid Jadi Anggota Knesset Israel

Knesset Israel. (Foto: dok. Morocco World News)

Tel Aviv, MINA – Zvi Sukkot, seorang pemukim yang pernah dituduh melakukan pada 2009, menjadi anggota Knesset (Parlemen) Israel untuk Partai Zionisme Religius menggantikan pemimpin partai Bezalel Smotrich yang mengundurkan diri.

Menurut media Haaretz, Sukkot adalah tokoh terkenal di kalangan pemukim.

Dia adalah aktivis di kelompok pemukiman pemuda Hilltop yang dikenal karena serangannya terhadap , dan salah satu pendiri beberapa pos , termasuk Evyatar di Nablus. Middle East Monitor melaporkan, Senin (6/2)

Diyakini bahwa pada Desember 2009, Sukkot membakar masjid di desa Palestina dekat Salfit. Dia kemudian ditangkap dengan orang lain sebagai tersangka, tetapi dibebaskan karena kurangnya bukti. Sejak itu, dia digambarkan sebagai kepala pemukim rahasia yang membakar masjid di Tepi Barat.

Selama bertahun-tahun, Sukkot menjadi sasaran Shin Bet karena posisinya dan keterlibatannya dalam banyak serangan terhadap warga Palestina. Namun, dia membantah tuduhan terhadapnya.

Undang-undang Israel mengizinkan anggota Knesset mengundurkan diri untuk memungkinkan mereka fokus pada tanggung jawab kementerian mereka, menyerahkan kursi kepada orang berikutnya dalam daftar pemilihan partai. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.