Perayaan Kemerdekaan AS Ke-247, Dubes Sung Kim Tekankan Peningkatan Kemitraan dengan Indonesia

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Y Kim pada perayaan Hari Kemerdekaan AS Ke-247 di Kediaman Duta Besar AS di Jakarta, Selasa (27/6/2023) malam.(Foto: Kedubes AS)

Jakarta, MINA – Kedutaan Besar (AS) menggelar perayaan AS Ke-247 pada Selasa (27/6) malam di Kediaman Duta Besar AS di Jakarta.

Perayaan ini digelar lebih awal dari Hari Kemerdekaan Amerika Serikat yang diperingati setiap tanggal 4 Juli.

Duta Besar AS untuk Indonesia, Sung Y Kim dalam pidato sambutannya, menekankan mengenai peningkatan kemitraan antara AS dan Indonesia di berbagai bidang yang telah terjalin erat sejak lama.

Mantan untuk Korea Selatan itu menyampaikan harapan agar hubungan kemitraan ini dapat terus terjalin dan memberikan dampak positif dan kemakmuran bagi kedua negara.

“Bagi saya, aspek yang paling menarik dari kemitraan besar kita adalah potensi yang sangat besar bagi kita untuk berbuat lebih banyak bersama,“ ujarnya.

Menurut Dubes Sung, kemitraan kedua negara mendorong kemakmuran bersama dan memajukan pertumbuhan ekonomi serta perlindungan lingkungan.

“Kemitraan kami meningkatkan keamanan regional. Bersama-sama, kita melindungi tujuan bersama kita yaitu Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, damai, dan tangguh,” imbuhnya.

Dubes AS itu kembali mengingatkan akan pentingnya keberagaman, kebebasan, dan toleransi sebagai dasar dari demokrasi, yang sama-sama dimiliki oleh Amerika serikat dan Indonesia.

Hal itu juga sesuai dengan tema perayaan Hari Kemerdekaan AS kali ini yaitu “Red, White, and Bluegrass: Celebrating The 247th Year of American Independence and our Culture of Diversity”.

Menurutnya, keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia dan Amerika Serikat merupakan kekuatan terbesar bagi kedua negara.

Sejumlah tokoh dan pejabat pemerintahan, Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN Tene, Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan hingga Mendag Zulkifli Hasan, dan duta besra negara-negara sahabat hadir pada perayaan kemerdekaan AS tersebut.

Acara perayaan juga dimeriahkan penampilan penyanyi country Ashley Campbell dan bintang America’s Got Talent Putri Ariani .

Menko Luhut, yang jadi wakil Pemerintah RI pada perayaan kemerdekaan AS, memuji hubungan kedua negara.

Luhut bahkan menyebut AS sebagai salah satu mitra terpenting bagi Indonesia.

“Kerja sama ekonomi jadi dasar utama hubungan kami. Perdagangan Indonesia dan AS sudah mencapai titik tertinggi, kami bertujuan memperluas hubungan perekonomian,” pungkas Luhut.(L/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.