Pertemuan Presiden Rusia dan Prancis Bahas Situasi Keamanan Eropa

(Foto: TASS)

Moskow, MINA – Presiden mengatakan, situasi keamanan saat ini di Eropa menjadi perhatian bersama Moskow dan Paris.

“Saya ingin menekankannya lagi. Kami berbagi keprihatinan tentang apa yang terjadi di bidang keamanan di Eropa,” kata Putin dalam pembicaraan dengan Presiden di Moskow pada Senin (8/2), media Rusia TASS melaporkan.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih atas fakta bahwa Prancis selalu mengambil bagian paling aktif dalam proses elaborasi solusi berprinsip di bidang ini,” tambah Putin kepada Macron.

Sementara Presiden Prancis Emanuel Macron mengatakan, dialog dengan Rusia adalah cara utama untuk mencapai stabilitas dan keamanan di Eropa. Ia juga mengingat pembicaraan yang dia lakukan dengan Putin di Fort de Bregancon dan di St. Petersburg.

“Kami meletakkan dasar untuk dialog skala penuh dan terbuka pada 2019. Saya percaya bahwa dialog seperti itu hari ini lebih relevan dari sebelumnya. Dialog ini diperlukan: ini adalah satu-satunya cara untuk memastikan keamanan dan stabilitas di Eropa,” kata Macron.

Pertemuan kedua pemimpin negara itu berlangsung di hari peringatan 30 tahun perjanjian 1992 tentang hubungan bilateral.

Putin menilai bahwa selama bertahun-tahun Prancis telah mengambil bagian aktif dalam penyelesaian masalah fundamental keamanan Eropa.

“Saya melihat seberapa besar upaya yang dilakukan pemerintah Prancis dan presiden Prancis saat ini untuk menyelesaikan krisis terkait dengan masalah memastikan keamanan yang setara di Eropa untuk jangka panjang, dan menangani masalah yang terkait dengan penyelesaian krisis di tenggara Ukraina,” katanya.

“Saya tahu Anda memiliki visi Anda sendiri tentang situasi ini dan saya senang memiliki kesempatan untuk bertemu Anda secara langsung untuk membahas hal-hal ini,” tambah Putin.

Macron menambahkan bahwa dalam hubungan ini, Paris menaruh harapan besar pada hubungan budaya dan ilmiah bilateral.

“Kami berharap untuk melanjutkan Dialog Trianon dan meningkatkan interaksi dalam masalah ekonomi,” ujar Macron. (T/R6/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.