PM Irak Ucap Selamat untuk ‘Kemenangan Besar’ di Mosul

Haider Al-Abadi. (Foto: Wikimedia)

 

Baghdad, 11 Syawwal 1438/5 Juli 2017 (MINA) – Perdana Menteri Irak Haider Al-Abadi mengucapkan selamat kepada pasukan Irak atas “kemenangan besar di Mosul”.

Ucapan Abadi dalam sebuah konferensi pers di Baghdad pada hari Selasa (4/7/2017) itu muncul di saat pasukan Irak masih berperang melawan kelompok Islamic State () di lingkungan Kota Tua, Mosul.

Pasukan Irak dianggap sudah dipastikan menang setelah mereka merebut kembali Masjid Al-Nuri di Kota Tua yang menjadi ikon militan ISIS, tempat Abu Bakr Al-Baghdadi mengumumkan “kekhalifahannya” pada tahun 2014.

“Segala puji bagi Tuhan, kami berhasil membebaskan (Mosul) dan membuktikan bahwa yang lain salah, orang-orang Mosul mendukung dan berdiri bersama pasukan keamanan kami melawan terorisme,” kata Abadi. Demikian The New Arab memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Perdana Menteri Irak mengatakan bahwa dia telah memberikan perintah untuk membangun kembali dan menstabilkan daerah-daerah yang dibebaskan di kota tersebut.

Sebelumnya pada hari yang sama, Letnan Jenderal Abdel Ghani Al-Asadi dari pasukan khusus Irak mengatakan, pasukan Irak hanya berjarak 250 meter dari Sungai Tigris di bagian barat Mosul.

Asadi mengatakan, militan ISIS terjebak hanya dalam beberapa ratus meter wilayah di Kota Tua dan kini dalam “pertempuran sampai mati.” Militan ISIS semakin beralih ke taktik pengeboman bunuh diri. (T/RI-1/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)