Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PRCS: Israel Selundupkan Tentara di Truk Bantuan

sri astuti - Selasa, 11 Juni 2024 - 12:55 WIB

Selasa, 11 Juni 2024 - 12:55 WIB

2 Views

Gaza, MINA – Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS) memperingatkan bahaya yang ditimbulkan penggunaan truk bantuan kemanusiaan oleh Israel sebagai kedok untuk operasi militer, menyebutnya sebagai kejahatan perang.

“Tindakan Israel meresahkan karena beberapa alasan. Menggunakan sumber terpercaya bagi orang-orang yang terjebak dalam konflik merupakan pelanggaran terhadap hukum kemanusiaan dan kebiasaan internasional, yang melarang kejahatan pengkhianatan,” kata PRCS dalam pernyataanya, Senin (10/6). Palestinian Information Center melaporkan.

“Bersembunyinya pasukan militer di dalam truk bantuan dianggap sebagai kejahatan perang terhadap warga sipil. Pasukan pendudukan menipu masyarakat dengan berpura-pura memberikan bantuan,” ujar PRCS.

PRCS menambahkan, alasan kedua adalah hal ini menghancurkan kepercayaan masyarakat sipil terhadap pihak yang menyalurkan bantuan. Hal ini sekali lagi menempatkan pekerja bantuan kemanusiaan dan pekerja layanan kesehatan dalam risiko.

Baca Juga: Israel Perpanjang Penutupan Media Al-Jazeera di Palestina

“Tindakan ini dilakukan pada saat masyarakat yang tinggal di Gaza sangat membutuhkan bantuan, di tengah penderitaan akibat kerawanan pangan akut dan kekhawatiran akan kelaparan,” tuturnya.

PRCS menyerukan komunitas internasional untuk meminta pertanggungjawaban otoritas pendudukan atas tindakan mereka.

Sabtu lalu, pasukan pendudukan Israel menggunakan truk bantuan untuk menyusup ke kamp Nuseirat di Gaza tengah, yang kemudian menyebabkan pembunuhan ratusan orang.

Pembantaian Nuseirat mengakibatkan terbunuhnya 274 orang, termasuk 64 anak-anak dan 57 perempuan, serta melukai sekitar 700 orang lainnya. []

Baca Juga: Australia, Selandia Baru, dan Kanada Desak Gencatan Senjata di Gaza

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Sebanyak 35.000 Warga Palestina Shalat Jumat di Masjid Al Aqsa

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Dunia Islam
Dunia Islam