Presiden Nobar Film G30S/PKI di Makorem Bogor

nobar film G30S/PKI di Bogor. (Foto: Istimewa)

Bogor, MINA (MINA) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) nonton bareng (nobar) pemutaran film Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) bersama ribuan warga dan anggota TNI serta Polri di Makorem 061 Suryakencana, Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/9) malam.

Hujan deras yang mengguyur Kota Bogor pada Jumat malam, tak menyurutkan langkah Presiden Jokowi untuk bergegas menuju Markas Korem 061. Presiden menyambangi Korem 061 Suryakencana Bogor yang tengah menggelar nobar film ‘Pengkhianatan G30S/PKI’.

Presiden yang malam itu tampak mengenakan jaket merah dipadu celana hitam tiba di lokasi sekitar pukul 20.00 WIB dan langsung menempati tempat yang berada persis di hadapan layar.

Film dokumenter sejarah yang dulu pernah ditayangkan sejak masa Orde Baru tahun 1984 telah banyak berubah. Film yang aslinya berdurasi 3 jam lebih diedit menjadi hampir satu jam atau sekitar 50 menit 37 detik.

“Tindakan kekerasan yang dulu ada di film aslinya (durasi 3 jam) sudah diedit, jadi murni sejarah tentang bagaimana proses kudeta yang dilakukan PKI di bawah Letkol Untung terhadap Pemerintah Indonesia,” kata Danrem Bogor Kol Inf Mirza Agus, sebagaimana dikutip Kabar Polisi, Sabtu (30/9).

Selain Danrem Mirza Agus, turut mendampingi Presiden, di antaranya Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Danpaspampres Mayjen TNI Mar Suhartono, Ajudan Kolonel Mar Ili Dasili, Wakil Komandan Grup A Paspampres Letkol Mar Efhardian, Kapolres Kombes Pol Ulung Sampurna, dan Dandim Letkol Arm Doddy Suhadiman. (R/R09/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.