Presiden Raeisi: Keanggotaan Iran di BRICS akan Menjadi ‘Bersejarah’

Presiden Iran Ebrahim Raeisi. (CBC)

Johannesburg, MINA – Presiden Iran Ebrahim Raeisi mengatakan, negaranya menawarkan peluang unik bagi negara-negara anggota kelompok negara berkembang BRICS di bidang perdagangan, energi dan transit.

Berbicara pada pertemuan puncak “Friends of BRICS” di Johannesburg pada Kamis (24/8), Raeisi menyinggung keputusan BRICS untuk menerima anggota baru ke dalam blok tersebut, dan menekankan bahwa langkah tersebut akan membuka jalan bagi pembangunan global berdasarkan keadilan.

“Manfaat keanggotaan Republik Islam Iran di BRICS tentunya akan sangat bersejarah. Hal ini akan membuka babak baru dan merupakan langkah baru menuju peningkatan keadilan, kesetaraan, dan perdamaian berkelanjutan di seluruh dunia,” kata Presiden Raeisi. Press TV melaporkan.

Baca Juga:  Libya Gabung dengan Afsel Adukan Genosida Israel ke ICJ

Ia menekankan bahwa interaksi maksimal dan peningkatan mekanisme kerja sama multilateral, terutama dengan negara-negara independen dan berkembang, merupakan inti kebijakan luar negeri Iran.

Presiden Iran memuji Afrika Selatan yang telah menjadi tuan rumah pertemuan puncak negara-negara BRICS sebanyak tiga kali.

“Benua Afrika adalah salah satu ibu kota utama dunia. Keanekaragaman budaya dan etnis yang kaya, serta pemandangan alam yang indah dan sumber daya mineral yang kaya, telah menjadi ciri khas benua ini. Untungnya, kepercayaan politik dan sosial di Afrika semakin meningkat dari hari ke hari,” kata Raeisi.

Dia menekankan bahwa bagian penting dari masa depan komunitas internasional mulai terbentuk di wilayah geografis dunia ini. (T/RI-1/P2)

Baca Juga:  Afsel Selenggarakan Konferensi Dunia Menentang Apartheid Israel

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi