PRIMA DMI Bersiap Gelar Rakernas 

Pertemuan antara delegasi PP PRIMA DMI dipimpin langsung oleh Munawar Khalil dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Rahmat Hidayat, digelar di Gedung DMI Pusat, Jakarta pada Jumat (31/5) sore.(Foto: PRIMA DMI)

Jakarta, MINA – Pimpinan Pusat Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (PP PRIMA DMI) tengah mempersiapkan pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang akan dilaksanakan pada Jumat hingga Ahad, 5-7 Juli 2024 mendatang di Jakarta.

Ketua Umum PP PRIMA DMI Munawar Khalil mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai ikhtiar untuk memperkuat eksistensi, mempercepat gerak langkah dan meningkatkan soliditas organisasi.

“Kami berkomitmen untuk mewujudkan hal itu sehingga remaja Muslim dapat berpartisipasi aktif sebagai badan otonom yang mampu menjadi jembatan dan mempersiapkan kader-kader bagi upaya untuk memakmurkan dan dimakmurkan masjid,” kata Munawar dalam keterangan tertulisnya yang diterima MINA, Ahad (9/6).

Rakernas PRIMA DMI nanti mengangkat tema “Eksistensi PRIMA DMI Dalam Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid.”

Menurut Munawar, salah satu langkah strategis yang dilakukan oleh PP PRIMA DMI dalam memperkuat eksistensi organisasi ialah menjalin silaturahmi dan komunikasi intensif dengan pengurus PP DMI. Hal ini wajar mengingat PRIMA DMI merupakan organisasi otonom (ortom) di bawah DMI.

Dalam persiapan Rakernas, pertemuan antara delegasi PP PRIMA DMI dipimpin langsung oleh Munawar Khalil dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Rahmat Hidayat, digelar di Gedung DMI Pusat, Jakarta pada Jumat (31/5) sore.

Silaturahmi dengan Sekjen PP DMI membahas sejumlah agenda penting, antara lain menginformasikan sejumlah program utama yang kini sedang dilaksanakan oleh PP PRIMA DMI, termasuk laporan persiapan pelaksanaan Rakernas PRIMA DMI.

Pembahasan lainnya ialah seputar sinergisme program antara PRIMA DMI dengan DMI dalam rangka memakmurkan dan dimakmurkan masjid.

Alhamdulillah, saat ini PP PRIMA DMI sedang menyiapkan pelaksanaan Rakernas. Kami mohon doa dan dukungan dari Bapak selaku Sekjen PP DMI. Sekaligus kami mohon kesediaan Bapak untuk menjadi narasumber, memberikan arahan dan bimbingan kepada PRIMA DMI, dalam Rakernas ini,” ungkap Munawar Khalil.

Menanggapi hal ini, Sekjen PP DMI, Rahmat Hidayat, pun menyambut baik pelaksanaan Rakernas PRIMA DMI dan berkenan untuk memberikan pembinaan dan arahan kepada PRIMA DMI di acara Rakernas nanti.

Alhamdulilah, PP DMI menyambut baik pelaksanaan Rakernas PRIMA DMI. Terima kasih atas undangannya untuk menjadi narasumber untuk memberikan pembinaan dan arahan, insya Allah saya akan hadir,” tuturnya usai pertemuan tersebut.

Rahmat pun berharap agar PRIMA DMI dapat terus berkontribusi dan bersinergi aktif dengan program-program DMI, khususnya pembinaan akhlak mulia generasi muda Muslim di masjid-masjid.

“PRIMA DMI harus aktif dan terlibat langsung dalam pembinaan akhlak mulia remaja masjid,” imbuhnya.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum PP PRIMA DMI, Munawar Khalil, menginformasikan, PRIMA DMI terus berikhtiar dalam memperkuat eksistensi dan konsolidasi organisasi, termasuk membentuk kepengurusan PRIMA DMI di tingkat wilayah, daerah, dan cabang.

Alhamdulillah, dalam beberapa bulan terakhir, kepengurusan PRIMA DMI telah terbentuk di Provinsi Sumatera Barat, Lampung, Jawa Barat, Kepulauan Riau, dan Papua Barat melalui mekanisme Musyawarah Wilayah (Muswil) PRIMA DMI, Pak,” ungkapnya.

Dalam pertemuan ini, turut hadir sejumlah pengurus PP PRIMA DMI, antara lain Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP PRIMA DMI, Afandi Ismail Hasan, Direktur Brigade Masjid PP PRIMA DMI, Masrur Mustopa, dan Direktur Bidang Pemuda dan Olah Raga PP PRIMA DMI, Hotmartua Simanjuntak.

Hadir pula Wakil Direktur Bidang Media, Komunikasi dan Informasi PP PRIMA DMI, Rana Setiawan, Wakil Direktur Bidang Pembinaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA/ TPQ): Zainudin, dan Wakil Direktur Bidang Pertahanan, Keamanan dan Bela Negara PP PRIMA DMI, Mickdat Djahuno.

Turut hadir Koordinator Pengembangan Wilayah Kalimantan – Direktorat Bidang Koordinasi dan Pengembangan Wilayah PP PRIMA DMI, Wildan Sabiq Aula, serta sejumlah pengurus PP PRIMA DMI lainnya.[]

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi