Psikolog: Teladani Rasul, Cegah Kekerasan Seksual Anak

Bekasi,  7 Sya’ban 1437/15 Mei 2016 (MINA) – Siti Nurhidayah, Psikolog Universitas Islam 45 Bekasi ikut berkomentar terkait kasus anak yang marak terjadi belakangan ini. Menurutnya untuk mencegah hal itu, salah satunya adalah mengikuti ajaran Islam yakni teladan rasul.

“Peran orang tua penting, untuk menghindari kekerasan seksual, dalam mengasuh anak sudah diberikan teladan rasul,” katanya kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) saat ditemui di bilangan Bekasi Selatan, Ahad, (15/5).

Ia menjelaskan orang tua mengajarkan nilai-nilai Islam itu bersifat harus, seperti menutup aurat, selain itu sosialisasi kepada anak diberi pengertian tentang kedewasaan.

“Mengasuh anak yang baik dengan cara spiritual, keluarga memiliki semacam peraturan atau rutinitas yang harus dilakukan seperti solat berjamaah, mengajak ke masjid, juga mengaji, kebiasaan itu yang kini hilang,” tambahnya.

Ia mengatakan ada beberapa faktor penyebab anak menjadi pelaku kekerasan seksual antara lain disebabkan tontonannya yang tidak terkontrol. Peran orang tua lagi-lagi dituntut untik selalu memantau dan mengawasi tingkah laku anak.

“Bangak dari mereka awalnya melihat tentang pornografi, lalu anak ingin meniru, kemudian mendapat sensasi, itu yang berbahaya. Anak tidak bisa menyaring baik atau buruknya informasi yang ia dapat” paparnya.

Terkait pelaku yang masih di bawah umur, menurut Nurhidayah perlu ada perlakuan khusus tentang hal itu. “Itu ada undang-undangnya, jangan perlakukan pelaku yang masih di bawah umur sama seperti pelaku kejahatan lainnya, harus ditangani dengan perlakuan berbeda,” tutupnya. (L/M09/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)