Puluhan Ribu Warga Australia Unjuk Rasa Dukung Palestina

Melbourne, MINA – Puluhan ribu warga Australia di Melbourne turun ke jalan Ahad (29/10) melakukan aksi unjuk rasa mendukung .

Para demonstran berbaris di Jalan Swanson untuk mendukung warga Palestina seiring dengan antisipasi invasi darat ke Gaza.

Demonstran meneriakkan, “Bebaskan Palestina!”, sambil mengibarkan bendera Palestina. Sydney Morning Herald melapokan.

Spanduk lain menyatakan, “Dari Sungai ke Laut Palestina akan Bebas”, “Kejahatan Perang, ,” dan lainnya.

“Saya bisa membuat daftar nama ribuan anak yang terbunuh di Gaza,” kata Raphael Duffy, salah seorang pengunjuk rasa beragama Yahudi yang anti-perang.

yang pemberani berseru agar dunia memperjuangkan mereka. Para orang tua sudah mulai menuliskan nama anaknya di tubuhnya. Mereka ingin dunia mengetahui kebenarannya,” ujarnya.

Baca Juga:  Universitas Brown Setujui Voting Tuntutan Mahasiswa Pro-Palestina

Komedian Nazeem Hussein mengkritik pemerintah Australia dalam membela Israel ketika bom menghujani sekolah-sekolah dan klinik-klinik di Gaza, dan air, makanan, serta pasokan medis mengering akibat blokade Israel.

Dia menyambut anggota komunitas Yahudi yang mendukung gencatan senjata kemanusiaan di Gaza.

Memotong bantuan dan menyerang sistem layanan kesehatan adalah kejahatan perang, kata anggota parlemen Partai Hijau, Tim Read, yang ikut dalam orasi.

“Kami harus berbuat lebih baik,” ujarnya.

‘Unjuk rasa pro-Palestina adalah salah satu dari banyak demonstrasi yang diadakan di seluruh Australia dalam beberapa pekan terakhir ketika Israel bersumpah untuk melakukan serangan mematikan terhadap warga sipil Gaza.

Polisi mengawasi dengan cermat ketika para pengunjuk rasa mulai berbaris di jalanan, namun unjuk rasa tersebut sejauh ini berjalan damai. (T/RS2/P1)

Baca Juga:  Perkemahan Solidaritas Palestina UI Sampaikan Lima Tuntutan Dukung Mahasiswa AS

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.