PUPR Tengah Perbaiki 78 Fasilitas Publik di Lombok

Jakarta, MINA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat () Basuki Hadi Muljono menyatakan, pihaknya saat ini tengah memperbaiki 78 unit fasilitas publik di Pulau yang terdampak gempa beberapa waktu lalu.

“Yang sudah kami lakukan yakni sudah kami verifikasi dan perbaikannya sedang kami lakukan,” ujar Basuki Hadimuljono di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (10/9), demikian laporan InfoPublik.

Berdasarkan data yang diperoleh oleh Kementerian PUPR, saat ini sudah terdata sekitar 1.266 fasilitas publik di seluruh pulau Lombok. Dari sejumlah itu, sebanyak 419 sudah diverifikasi oleh instansi pemerintah pusat dan daerah.

Adapun 78 fasilitas publik tersebut yang tengah dikerjakan terdiri dari 54 unit fasilitas pendidikan, 7 unit fasilitas rumah ibadah, 15 unit fasilitas rumah sakit /puskesmas, dan 2 unit fasilitas pasar.

Terkait dengan pengolahan bahan baku, pihaknya menggunakan 84 sumur yang ada di Lombok untuk mengolah bahan baku material. Dan membangun 7 sumur baru disejumlah tempat yang tidak memiliki sumber air yang bagus.
“Kami memanfaatkan sumur yang ada di Lombok karena air tanahnya bagus dan bisa difungsikan,” katanya.

Dia melanjutkan, fasilitas umum yang tengah diperbaiki oleh pihaknya saat ini sesuai dengan aturan yang diterbitkan Presiden Joko Widodo dalam rangka pemulihan , karena adanya fasilitas itu akan berdampak positif bagi kegiatan sehari-hari masyarakat di sana.

“Program rehabilitasi dan rekontruksi penanganan gempa Lombok sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 5 tahun 2018,” tambah Basuki. (R/R01/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.