Rakyat Indonesia Kirim Dua Ambulans untuk Rakyat Suriah

(Foto: KBRI Damaskus)

Damaskus, MINA – Kedutaan besar Republik Indonesia (KBRI) Damaskus telah menyerahkan dua mobil ambulans dari dua organisasi bantuan kemanusiaan Rakyat Indonesia Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) dan Dompet Dhuafa kepada Bulan Sabit Merah Suriah (SARC).

Menurut laman resmi KBRI Damaskus, serah terima ambulans tersebut dilakukan pada Rabu (26/7) di kantor Kementerian Administrasi Lokal Suriah yang dihadiri oleh Deputi Menteri Administrasi Lokal, Ketua Komite Penyelamatan Suriah Internasional (Syrian International Rescue Committee/SIRC), para staf KBRI Damaskus dan delegasi dari SARC.

“Bantuan Kemanusiaan Indonesia ini sebetulnya sudah dirintis sejak dua tahun yang lalu sebagai wujud solidaritas rakyat Indonesia kepada rakyat Suriah yang sedang menghadapi konflik,” kata Dubes RI Damaskus Djoko Harjanto saat serah terima.

Ia menjelaskan, MER-C sesuai dengan misinya yaitu “memberikan bantuan kemanusiaan kepada orang yang lebih membutuhkan” dan misi Dompet Dhuafa yang juga peduli kepada sesama.

Dua unit ambulan ini kemudian dikirim dengan harapan dapat dimanfaatkan segera di Suriah dan menjadi catatan amal yang terus mengalir kepada para donaturnya.

“Atas nama Perwakilan Indonesia di Suriah, MER-C dan Dompet Dhuafa menyampaikan terima kasih kepada Menteri Administrasi Lokal dan Ketua Bulan Sabit Merah Suriah serta pihak terkait lainnya yang telah membantu terselenggaranya acara serah terima bantuan kemanusiaan berupa ambulans dari rakyat Indonesia untuk rakyat Suriah,” tambahnya.

Sementara itu, Menteri Administrasi Lokal Suriah Hussein Makhlouf turut menyampaikan terima kasih atas sikap dan dukungan Indonesia selama ini terhadap Suriah, baik dukungan politik di forum internasional, dukungan dalam bidang ekonomi, maupun bantuan kemanusiaan seperti ini. (T/R10/RI-1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)