Rashida Tlaib: AS Harus Berhenti Danai Rezim Apartheid Israel

Tepi Barat, MINA – Anggota Kongres AS meminta Washington untuk menghentikan dukungannya terhadap rezim apartheid Israel, di tengah meningkatnya ketegangan di wilayah pendudukan.

Wanita Palestina-Amerika pertama yang pernah terpilih menjadi anggota kongres ini membuat pernyataan di Twitter, menekankan kongres harus menghentikan .

Dia lebih lanjut mencatat, 2022 adalah salah satu tahun paling mematikan bagi warga Palestina, di mana pasukan dan pemukiman ilegal Israel membunuh lebih dari 200 warga Palestina, termasuk lebih dari 50 anak-anak.

Tlaib selanjutnya mengarahkan pernyataannya terhadap kabinet sayap kanan baru Israel atas rencananya untuk menggusur paksa lebih dari 1.000 warga Palestina di wilayah di sebelah selatan Tepi Barat yang diduduki.

“Hanya beberapa hari setelah rezim baru Israel dilantik, keluarga di Masafer Yatta sudah menghadapi lebih banyak pembersihan etnis,” katanya.

Pengusiran penduduk Masafer Yatta yang sedang berlangsung oleh militer Israel sekarang akan dipercepat dengan kecepatan yang lebih cepat. “Jangan berpaling. Selamatkan Masafer Yatta,” tambah anggota kongres itu.

“Bahkan satu minggu memasuki 2023, rezim apartheid sayap kanan baru, bergerak untuk membersihkan seluruh komunitas etnis, yang akan menggusur lebih dari 1.000 warga Palestina, termasuk 500 anak-anak,” ucapnya.

Tentara Israel dilaporkan telah memberi tahu pejabat Palestina tentang rencana mereka untuk memindahkan paksa lebih dari 1.000 penduduk Palestina, termasuk sekitar 500 anak-anak, di daerah Masafer Yatta di sebelah selatan Tepi Barat yang diduduki.

Masafer Yatta adalah rumah bagi sekitar 2.500 warga Palestina, termasuk dalam 60 persen Tepi Barat yang diduduki yang ditetapkan sebagai “Area C”, yang berada di bawah kekuasaan penuh militer dan administratif Israel.

Anggota Kongres Tlaib sering berbicara menentang dukungan militer Amerika Serikat untuk Israel, dan menyerukan perlindungan hak-hak Palestina.

Selama beberapa bulan terakhir, Israel telah meningkatkan serangan terhadap kota-kota Palestina di seluruh wilayah pendudukan. Akibat serangan tersebut, puluhan warga Palestina tewas dan banyak lainnya ditangkap.

Sejak awal tahun 2022, pasukan Israel telah membunuh lebih dari 210 warga Palestina, termasuk lebih dari 50 anak-anak, di Tepi Barat yang diduduki dan al-Quds Timur serta Jalur Gaza yang terblokade.

Menurut PBB, jumlah warga Palestina yang dibunuh oleh Israel di Tepi Barat yang diduduki pada tahun 2022 adalah yang tertinggi dalam 16 tahun.

Kelompok hak asasi lokal dan internasional mengutuk penggunaan kekuatan Israel yang berlebihan dan “kebijakan tembak-bunuh” terhadap warga Palestina. (T/gfr/B03/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Zaenal Muttaqin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.