Ribuan orang di Serbia Lakukan Aksi Protes

Beograd, MINA – Ribuan warga Serbia turun ke jalan-jalan di Beograd pada Sabtu (5/1), selama lima kali berturut-turut untuk memprotes pemerintah Presiden Serbia Aleksandar Vucic.

Para pengunjuk rasa membawa spanduk dan slogan-slogan anti pemerintah Aleksandar Vucic, bahkan ada yang meniup peluit dan berteriak bahwa presiden adalah seorang “pencuri,” ketika mereka berbaris melalui Ibu Kota Serbia.

Sebagian menggelar aksi protes dengan spanduk bertuliskan ‘Satu dari lima juta,’ merujuk pada pernyataan Vucic bahwa ia tidak akan memenuhi tuntutan pengunjuk rasa, bahkan jika lima juta orang muncul di jalanan, demikian Press Tv melaporkan dikutip MINA.

Para pengunjuk rasa menuntut pengunduran diri Menteri Dalam Negeri Nebojsa Stefanovic, serta penyelidikan secara transparan atas pembunuhan politisi Serbia Kosovo, Oliver Ivanovic yang terbunuh Januari lalu di Kosovo.

Demonstrasi dimulai pada 23 November, setelah politisi oposisi Borko Stefanovic diserang dan dipukuli di kota selatan Krusevac. Polisi menangkap tiga tersangka, tetapi mereka kemudian dilepaskan pada 25 Desember. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)