Ribuan Umat Muslim Shalatkan Almarhumah Tutty Alawiyah

Bekasi, 27 Rajab 1437/4 Mei 2016 (MINA) – Ribuan umat Muslim mengantar jenazah almarhumah Prof. Dr. Hj. Tutty Alawiyah ke peristirahatan terakhirnya di pemakaman keluarga di lingkungan masjid di Pesantren As-Syafiiyah Jatiwaringin, Rabu petang.

Sebelum dimakamkan, almarhumah dishalatkan bakda shalat asar di yang berada di lingkungan Universitas Islam As-Syafiiyah, Jl. Jatiwaringin.

Presiden ke RI memberikan sambutan sebelum shalat jenazah, sementara shalat jenazah diimami oleh Dailami Firdaus, putra almarhumah.

Almarhumah dishalatkan oleh ribuan umat Muslim di antaranya BJ Habibie, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menpan RB Yuddhy Chrisnandi, Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat, Ketua Umum ICMI/mantan Ketua MK Jimly Asshiddiqie, mantan Ketua MK Hamdan Zulva serta Ustaz Yusuf Mansyur. Tampak pula mantan Menteri Koperasi Adi Sasono serta sejumlah anggota DPR RI dan Dewan Perwakilan Daerah RI.

Sebelumnya Wapres Jusuf Kalla bersama Wakil Ketua DPR Fadli Zon dll hadir untuk takziyah di kediaman almarhumah.

Sebelum dishalatkan, dalam sambutannya, mantan Presiden BJ. Habibie mengatakan bahwa bangsa ini kehilangan sosok alhamarhumah yang semasa hidup selalu mengabdikan dirinya bagi kepentingan umat.

“Kita semua sayang beliau, tapi Allah Subhanahu Wa Ta’ala lebih menyayangi beliau,” ujar Habibie terbata-bata.

“Kita hanya bisa memanjatkan doa dengan tulus dan ikhlas dari hati kita, agar dalam perjalanan beliau diridhai Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” ucap HJ. Habibie yang disambut lafadz Amin ribuan jamaah.

Usai dishalatkan jenazah yang berada di keranda dibawa ke Masjid Al-Alawiyah yang berada 100 meter dari masjid pertama, menyeberangi jalan raya. Pada lokasi masjid ini terdapat  pemakaman keluarga. Dalam perjalanan menuju peristirahatan terakhir almarhumah, lantunan salawat bergema dari ribuan pelayat yang mengiringinya.

Jenazah almarhumah Tutty Alawiyah dimakamkan di sebelah makam suaminya H Ahmad Chotib.

Tutty adalah putri dari KH A. Syafii seorang ulama besar asal Betawi.

Tutty Alawiyah adalah sosok berpengaruh yang mendirikan Badan Kontak Majelis Taklim () yang populer di kalangan ibu-ibu pengajian.

Tutty Alawiyah yang lahir di Jakarta pada 30 Maret 1942 ini pernah menjadi Menteri Peranan Wanita di zaman Presiden Soeharto dan BJ Habibie. Ia juga memimpin Universitas Islam As-Syafiiyah, dan  membina sejumlah pesantren di antaranya pesantren Yatim dan lembaga pendidikan lainnya. (T/R05/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.