Rusia Puji Kembalinya Suriah ke Liga Arab Sebagai Kebijakan Independen Dunia Arab

Moskow, MINA – memuji keputusan untuk mengembalikan keanggotaan sekutunya ke sebagai tindakan kebijakan independen mereka di panggung global.

“Kami berpikir bahwa keputusan Dewan Menteri Luar Negeri Liga Arab telah menunjukkan aspirasi negara-negara Arab untuk meningkatkan koordinasi tindakan demi kepentingan penyelesaian masalah regional dan internasional,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova pada Ahad (8/5), seperti dikutip Al Arabiya.

Zakharova mengatakan, Moskow menyambut baik langkah yang telah lama ditunggu ini yang menjadi hasil logis dari proses mengembalikan Suriah ke ‘keluarga Arab’ yang mendapatkan momentum.

“Kami melanjutkan dari premis bahwa mengembalikan partisipasi Suriah dalam operasi Liga Arab, akan memfasilitasi suasana yang lebih sehat di kawasan Timur Tengah dan penanggulangan tercepat dari konsekuensi krisis Suriah,” ujarnya.

Ia menegaskan, niat negara-negara Arab untuk terus menjalankan kebijakan independen mereka di panggung global, berdasarkan kepentingan inti mereka di masa depan.

Sebelumnya, perwakilan pemerintah Arab memberikan suara di Kairo untuk mengembalikan Suriah ke Liga Arab. Ini terjadi beberapa hari setelah diplomat top dari Yordania, Suriah, Arab Saudi, Irak dan Mesir mengadakan pembicaraan di Amman yang bertujuan pencapaian solusi politik untuk krisis Suriah.

Juru Bicara Kemlu Rusia juga mengatakan, bahwa Moskow mengharapkan negara-negara Arab meningkatkan dukungan mereka ke Suriah dalam menyelesaikan masalah pemulihan pasca-konfliknya yang dihalangi oleh sanksi sepihak yang tidak sah terhadap Damaskus.

Pengembalian kembali keanggotaan Liga Arab Suriah terjadi meskipun ada tentangan kuat dari Washington terhadap segala jenis normalisasi hubungan dengan rezim Assad. (T/R6/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Zaenal Muttaqin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.