RZ bersama BPJS Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir

Lebak, Banten, MINA – Rumah Zakat () Ketenagakerjaan menyalurkan bantuan bagi para korban banjir bandang dan longsor berupa logistik di kantor BPBD Kabupaten Lebak, Rabu (8/1).

Menurut Bupati Kabupaten Lebak, Hj. Iti 0ctavia Jayabaya, bantuan itu
berupa 240 bungkus rendang Super Qurban, makanan siap saji, beras, selimut, terpal, tikar, pampers, makanan bayi dan sembako, demikian rilis RZ diterima MINA.

Selain di Jakarta, banjir juga melanda daerah Lebak-Banten. Curah hujan tak kunjung reda dan turun selama sekitar dua hari akhir tahun lslu, menyebabkan debit air Sungai Ciberang meningkat dan memasuki permukiman warga.

Iti menyampaikan terimakasih kepada BPJS Ketenagakerjaan dan RZ atas bantuan yang diberikan. “Semoga menjadi amal jariyah dan Insya Allah kami amanah untuk terus disalurkan kepada daerah-daerah terdampak,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, hingga saat ini semua warga yang terdampak bencana alam itu ditampung di delapan posko pengungsian.

Berdasarkan laporan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lebak, jumlah pengungsi akibat banjir bandang dan longsor di wilayah tersebut mencapai 17.200 jiwa atau 4.368 kepala keluarga (KK).

Banjir bandang setinggi 1.5 m menyapu bersih rumah-rumah yang ada di sekitar aliran sungai. Bersama longsor bencana itu menimpa enam kecamatan: Lebak Gedong, Cipanas, Sajira, Curug Bitung, Maja, dan Kecamatan Cimarga.

Namun, banjir bandang dan tanah longsor yang lebih parah terjadi di perkampungan di Kecamatan Lebak Gedong karena lokasinya dekat dengan pertambangan liar di kaki gunung Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) dan aliran Sungai Ciberang. (R/R8/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Insaf Muarif Gunawan

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.