Sami Thalib Inisiatif Sendiri Ikut Jambore Pramuka Dunia di AS

Mohammad Sami Thalib, siswa SMA Labschool Cibubur, salah satu peserta Jambore Pramuka Dunia (WSJ) ke-24 di Virginia Barat, AS, 22 Juli-2 Agustus 2019. (Foto: Sami Thalib)

Bandara Soetta, MINA – Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia terbang ke Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (20/7) siang untuk mengikuti Jambore Pramuka Dunia (WSJ) di Virginia Barat, negara bagian di timur AS.

Mohammad Sami Thalib adalah satu dari 67 peserta yang berinisiatif mendaftarkan diri sendiri untuk ikut, berbeda dengan kebanyakan rekannya yang melalui jalur lembaga sekolah.

“Pertamanya ayah saya yang memberi tahu, lalu saya cari tahu tentang event-nya. Karena kelihatannya menarik, jadi saya mau ikut. Rata-rata yang ikut dari sekolah, tapi ada beberapa yang mendaftar sendiri,” kata Sami di Bandara Soekarno-Hatta kepada MINA melalui pesan Whatsapp beberapa saat sebelum terbang.

Siswa Labschool Cibubur Bekasi kelas 12 ini mengungkapkan keinginannya untuk menambah pengalaman, pengetahuan serta sahabat skala nasional dan intenasional dengan mengikuti WSJ ke-24 ini, yang akan berlangsung 22 Juli hingga 2 Agustus.

Kontingen Pramuka Indonesia jadi peserta Jambore Pramuka Dunia di Virginia Barat, AS, 22 Juli – 2 Agustus 2019. (Foto: Sami Thalib)

Ajang internasional bukanlah yang pertama kali diikuti oleh putra pemilik media dakwah Radio Silaturrahim Ir. Ichsan Thalib ini, pada 1-12 November 2018 ia mengikuti ajang International of Art Competition di San Marino.

Penguasaan bahasa Inggris menjadi salah satu modal utamanya untuk bisa ikut ajang-ajang internasional.

Bersama rekan-rekannya yang berasal dari berbagai sekolah di wilayah Indonesia, pecinta alam kelahiran Maret 2003 Jakarta ini akan bergabung bersama kontingen dari 150 negara dengan jumlah sekitar 45.000 peserta.

Perkemahan dilaksanakan di Smith Batel Resort, bumi perkemahan milik kepanduan AS. WSJ kali ini mengambil tema “Membuka Kunci Dunia”. Tema ini diharapkan dapat menjadi penyemangat para peserta untuk membuka kunci kemampuan masing-masing.

Indonesia memiliki sekitar 25 juta anggota pramuka, separuh dari anggota pramuka seluruh dunia.

Sebelumnya pada Jumat (19/7), Presiden RI Joko Widodo melepas secara resmi kontingen Indonesia di Istana Negara. (L/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)