Ichsan Thalib: BMT Amanah Syariah Harus Jaga Kepercayaan Umat

Cileungsi, Kabupaten Bogor, MINA – Pimpinan Radio Silaturahim (Rasil) Ichsan Thalib mengatakan, Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Amanah Syariah harus bisa menjaga kepercayaan umat Islam.

“Dengan menjaga kepercayaan umat dapat menjadi modal dan langkah maju dalam memperbaiki dan mengembangkan perekonomian umat,” katanya kepada wartawan MINA di Cileungsi, Sabtu (10/8) malam, setelah peresmian kantor BMT Amanah Syariah di Ponpes Al-Fatah Cileungsi oleh Imaam Yakshyallah Mansur.

“Salah satu yang harus diingat adalah kepercayaan. Kepercayaan harus dipegang teguh, karena ini adalah sebuah bisnis kepercayaan. Ketika kepercayaan itu sudah ada, Insya Allah umat akan berbondong-bondong menitipkan amanah uangnya,” imbuhnya.

Menurut Ichsan yang juga Direktur PT Jasa Ekatama itu, BMT Amanah Syariah merupakan langkah berani dan dahsyat yang dilakukan oleh sebuah lembaga pendidikan agama atau pesantren seperti Al-Fatah ini.

“Kita suka lupa bahwa sejarah umat ini perkembangannya harus didukung dengan keuangan yang kuat, keuangan dari umat yang tidak tergantung, tidak terbeli oleh pihak-pihak lain,” kata Ichsan.

Apalagi, kata dia, di zaman politik praktis seperti saat ini, kualitas ulama itu terkadang tergoda oleh terpaan angin materialisme. Oleh karena itu, ia berharap BMT Amanah Syariah ini menjadi soko guru ekonomi umat, di bawah naungan koperasi yang syariah.

“Sejarah mencatat ada beberapa cacat ekonomi umat. Oleh karena itu, BMT Amanah Syariah ini jangan seperti yang sudah berlalu. Kami yakin dengan latar belakang pengelolanya, Insya Allah, orang-orang yang amanah yang akan menjaga ini,” ujarnya.

Ichsan menegaskan, apapun yang terjadi pada keuangan umat ini, harus dikelola dan bermanfaat untuk masyarakat. Ia berharap, umat Islam mendukung langkah maju berdirinya BMT Amanah Syariah.

“Kita harus mendukung, karena kalau bukan kita yang mendukung nanti apa kata orang. Komunitas ini harus saling mendukung. Saya berani menitipkan dana di BMT Amanah Syariah ini karena saya percaya para pengelolanya adalah orang yang amanah,” katanya.

Menurut Ichsan, jika BMT Amanah Syariah dikelola dengan baik, memiliki manajemen yang baik, dan memegang kepercayaan umat, maka lembaga tersebut akan menjadi tulang punggung ekonomi umat.

Ia berharap, BMT Amanah Syariah ini bisa seperti apa yang terjadi di Belanda, koperasi-koperasi yang memiliki aset triliunan.

“Jadi dalam 5 tahun 10 tahun ke depan ini akan menjadi koperasi yang kuat koperasi yang kokoh yang dapat memberikan kontribusi buat umat. Itu, itu yang saya harapkan BMT ini bisa terus berkembang dan dipercaya oleh umat,” katanya. (L/R06/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)