SANA: Israel Lancarkan Serangan Udara ke Homs Suriah

Damaskus, MINA – melancarkan ke Suriah yang ditujukan ke lokasi dekat kota Homs yang dikuasai pemerintah, tetapi pertahanan udara Suriah berhasil menjatuhkan sebagian besar rudal, menurut laporan media pemerintah.

Kantor berita SANA yang mengutip pernyataan militer pada Ahad pagi (2/7), mengatakan, rudal itu terbang di atas sebagian ibu kota Lebanon, Beirut, sebelum mengenai lokasi di sekitar kota Homs.

Serangan itu hanya mengakibatkan kerusakan material, kata SANA. Al Jazeera melaporkan.

Juru bicara militer Israel Avichay Adraee mengatakan, jet tempurnya telah melancarkan serangan terhadap baterai pertahanan udara Suriah yang dituding meluncurkan rudal anti-pesawat ke Israel.

Jet juga menyerang sasaran lain di daerah itu, kata Adraee.

Sebelumnya pada hari Sabtu, Adraee mengatakan di Twitter bahwa rudal anti-pesawat yang diluncurkan dari wilayah Suriah menuju Israel telah meledak di udara.

Tidak ada korban jiwa, katanya.

Israel dalam beberapa bulan terakhir mengintensifkan serangan di bandara dan pangkalan udara Suriah, bertujuan mengganggu peningkatan penggunaan jalur pasokan udara Iran untuk mengirimkan senjata ke sekutu di Suriah dan Lebanon, termasuk Hizbullah Lebanon.

Pengaruh Iran telah tumbuh di Suriah sejak mulai mendukung Presiden Bashar al-Assad dalam perang saudara yang dimulai pada 2011. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.