Santri Al-Fatah Ikuti Seleksi Pospenas se-Provinsi Lampung

Al-Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – Ikuti Seleksi Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2022 yang digelar Kementerian Agama Provinsi Lampung, Selasa (18/10).

Seleksi digelar di Komplek Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Al-Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan, diikuti oleh berbagai pondok pesantren yang ada di Provinsi Lampung seperti Lampung Utara, Lampung Tengah, Lampung Selatan, Bandar Lampung, Pesawaran, Tanggamus, serta Tulang Bawang dengan dua jenis perlombaan yaitu Kaligrafi dan Pencak Silat.

Mudirus Shuffah, Muflihudin pasca pembukaan seleksi di pelataran Masjid An-Nubuwwah kepada MINA mengatakan, pada tahap seleksi kali ini, untuk sementara Al-Fatah mengirim santri pada dua cabang perlombaan, yaitu Kaligrafi dan Pencak Silat, dimana pada tahap sebelumnya telah mengikuti seleksi tingkat Kecamatan.

Alhamdulillah, harapannya yang terbaik, bisa juara, secara umum untuk Lampung mudah-mudahan bisa mempertahankan juara sebagaimana tahun lalu Provinsi Lampung meraih Medali Emas, Perak dan Perunggu pada beberapa cabang perlombaan,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sub Koordinator Kemenag Provinsi Lampung, Eni Rahmiati saat diwawancarai MINA mengatakan, santri yang lolos seleksi ini akan langsung dikirim pada tingkat Nasional, yaitu pada ajang ke-IX. Ini sebagai ajang silaturahmi, maka sportifitas dalam pelaksanaan lomba sangat diutamakan sehingga mencerminkan citra pesantren yang sesungguhnya.

“Kita untuk seleksi cabang lomba Kaligrafi dan Pencak Silat digelar di Al-Fatah. Tentu harapannya Provinsi Lampung bisa meraih juara di Pospenas mendatang, tetapi utamanya adalah bagaimana para peserta dapat menjalin silaturahmi antar kontingen dan memperluas wawasannya,” harapnya.

Pospenas atau Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional adalah kejuaraan olahraga dan seni yang digelar setiap 3 tahun sekali pada bulan Oktober dan diikuti oleh santri yang mewakili seluruh provinsi di Indonesia.

Sebelumnya, pada rapat persiapan Pospenas ke-9, Kemenag akan menggelar Pospenas di Makassar, Sulawesi Selatan sekaligus menjadi rangkaian kegiatan Hari Santri Nasional. (L/R12/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.