Santri Aliyah Ponpes Al-Fatah Lampung Ikuti Rihlah Ilmiah

Pendamping Santri, Ustadz Umar Haqqi saat memberikan arahan kepada santri sebelum keberangkatan Rihlah ilmiyah Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Natar Lampung Selatan, Selasa, (27/2). (Photo: Hanin Kamila/MINA)

Lampung Selatan, MINA -Sebanyak 90 santri Al-Fatah akan melaksanakan program rihlah ilmiah dengan mengunjungi beberapa tempat di kota Semarang, Magelang, Wonogiri dan Banyumas (Jawa Tengah), Kediri dan Batu (Jawa Timur), Yogyakarta, dan Bogor (Jawa Barat), dan Jakarta.

Perjalanan yang menghabiskan waktu selama 6 hari, mulai keberangkatan tanggal 27 februari dan kepulangan pada tanggal 3 Maret, didampingi 10 pendamping asatidz.

Kepala Madrasah (Kamad) Aliyah Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Lampung, Amin Najib, S.Pd.I melepas keberangkatan santri kelas 11 Madrasah Aliyah untuk Rihlah Ilmiah. Pelepasan digelar di halaman Masjid An-Nubuwwah, Al-Muhajirun Negararatu Natar Lampung Selatan, Selasa (27/2) pagi.

Program rihlah ilmiah ini menjadi program rutin Al-Fatah yang dilaksanakan setiap tahunnya. “Jadikan rihlah ini sebagai sarana dalam belajar, dan selalu niatkan karena Allah Subhanahu Wataa’la” pesan Amin Najib.

Sementara Pimpinan Rihlah Ilmiah Al-Fatah, Mastur, M. H. I, saat diwawancarai MINA menyampaikan tujuan dari diadakannya rihlah ini adalah untuk menambah wawasan dan pengalaman bagi santri.

“Rihlah Ilmiah ini juga sebagai sumber pembelajaran yang faktual supaya santri dapat melihat dan mendapatkan informasi secara langsung tempat-tempat yang akan dikunjungi nanti seperti di AKMIL, di kampus UNY, Kampung Inggris Pare, dan lain-lain,” katanya.  (L/kml/B03)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.