SEA Games 2021 Vietnam Ditunda, KOI Pastikan Pelatnas Tetap Berjalan

Jakarta, MINA – Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari memastikan kegiatan pelatihan nasional (Pelatnas) bagi para atlet SEA Games 2021 akan tetap berjalan untuk menghadapi event-event lainnya walau  penyelenggaraan event itu mengalami penundaan.

SEA Games 2021 sedianya digelar di Vietnam pada 21 November hingga 2 Desember 2021, tapi pihak penyelenggara menunda perhelatan tersebut hingga 2022 karena pandemi Covid-19 yang makin mengkhawatirkan.

Dalam konferensi pers virtual yang berlangsung Senin (12/7) siang WIB, Raja, 45 tahun, memastikan, KOI memiliki sikap yang selaras dengan Pemerintah Indonesia melalui Kemenpora.

Ia mengatakan, KOI turut memaklumi penundaan SEA Games yang didasarkan pada alasan kesehatan.

Meski demikian, ia memastikan Pelatnas akan tetap berjalan sebagaimana mestinya untuk mempersiapkan para atlet pada kompetisi-kompetisi mendatang di antaranya Asian Games 2022, Asian Indoor and Martial Arts Games (AIMAG) 2021, dan lainnya.

“Proses pembinaan para atlet tidak berhenti, meskipun SEA Games ditunda. Hal tersebut sudah kami (KOI dan Menpora) bicarakan melalui rapim (rapat pimpinan) tadi pagi,” kata Raja Sapta.

“Kami bersyukur Pelatnas dan pembinaan masih bisa berjalan karena para anggota kami di KOI tahun depan cukup sibuk dengan banyak sekali kegiatan dan turnamen,” tambahnya.

“Kami berterima kasih kepada Kemenpora karena pelatnas masih boleh dilanjutkan, seperti diketahui tahun depan kami punya banyak kegiatan seperti Asian Games dan AIMAG,” ucap Raja Sapta Oktohari. 

Sementara itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menerima keputusan SEA Games Federation (SEAGF) untuk menunda penyelenggaran SEA Games 2021, yang rencananya digelar di Hanoi, 21 November-2 Desember 2021.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali dapat menerima alasan tuan rumah yang berfokus dalam penanggulangan Covid-19.

“Kami bisa memaklumi alasan yang disampaikan tuan rumah Vietnam tentang permohonan penundaan SEA Games 2021,” katanya.  (L/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)