Sebanyak 62 WNI Jamaah Tabligh Sembuh dari Covid-19

Sebanyak 62 WNI Jamaah Tabligh Sembuh dari Covid-19 (foto istimewa)

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, sebanyak 62 Warga Negara Indonesia (WNI) anggota Jamaah Tabligh yang berada diluar negeri dinyatakan sembuh dari virus corona atau Covid-19.

Saat ini, jumlah WNI anggota Jamaah Tabligh yang masih berada di luar negeri berjumlah 1.129 orang.

“Dari jumlah tersebut, dapat kami sampaikan, terdapat 105 WNI yang terpapar Covid-19 yaitu, 30 WNI di Pakistan positif Covid-19, 18 di antaranya telah sembuh. Sebanyak 75 WNI di India positif Covid-19, 44 di antaranya sembuh,” kata Retno dalam press breafing video conference, Rabu (29/4).

Sedangkan 1.047 dinyatakan sehat atau belum ada informasi mereka terpapar virus corona

Terkait WNI Jamaah Tabligh di India, Retno mengatakan, Presiden Joko Widodo telah melakukan komunikasi dengan Perdana Menteri India. Keduanya sepakat menugaskan Menlu kedua negara untuk menindaklanjuti pembicaraan tersebut.

“Sebagaimana yang pernah saya sampaikan sebelumnya, saya terus melakukan komunikasi dengan Menlu India. Perwakilan Indonesia di India secara aktif juga memantau dari dekat dan berkoordinasi dengan otoritas India mengenai keselamatan dan keamanan peserta Jamaah Tabligh asal Indonesia,” jelas Retno.

Perwakilan RI juga melakukan komunikasi dengan wakil-wakil Jamaah Tabligh Indonesia dan juga melakukan pendampingan hukum dan konsuler terutama bagi mereka yang menghadapi masalah hukum. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)