Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sekjen PBB: “Neraka di Bumi” di Ghouta Timur harus Dihentikan

Rudi Hendrik - Selasa, 27 Februari 2018 - 16:58 WIB

Selasa, 27 Februari 2018 - 16:58 WIB

1188 Views

Sekjen PBB Antonio Guterres. (Foto: EPA/SALVATORE DI NOLFI)

Sekjen PBB Antonio Guterres. (Foto: UN Geneva/Flickr)

Jenewa, MINA – Serangan yang terus berlanjut oleh pasukan pemerintah Suriah dan sekutunya telah menciptakan “neraka di Bumi” bagi warga sipil yang terjebak di Ghouta Timur, demikian Sekretaris Jenderal PBB mengatakannya Senin (26/2).

“Saya mengingatkan semua pihak tentang kewajiban mutlak mereka dan hukum kemanusiaan dan hak asasi manusia internasional untuk melindungi masyarakat sipil, dan infrastruktur sipil setiap saat,” katanya kepada Dewan Hak Asasi Manusia PBB di Jenewa, Swiss, demikian Al Jazeera melaporkan.

Ghouta Timur yang diblokade di pinggiran ibu kota Damaskus, terus mendapat serangan udara dan operasi darat meski ada resolusi gencatan senjata dari PBB yang telah berlangsung satu hari.

Sementara itu sekutu utama Pemerintah Suriah, Presiden Rusia Vladimir Putin, telah memerintahkan “jeda kemanusiaan” dari pukul 09:00 sampai 2.00 siang waktu setempat hari Selasa  (27/2).

Baca Juga: Gerakan Perlawanan Lebanon Tembakkan Roket ke Tzuriel Moshav Israel

Jeda kemanusiaan bertujuan mengizinkan warga sipil dievakuasi dari Ghouta Timur.

Pengeboman terhadap daerah kantong oposisi itu telah berlangsung lebih sepekan, telah menewaskan lebih dari 550 orang dalam delapan hari, menurut perhitungan organisasi pemantau Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR).

Sebaliknya, pejabat kesehatan pemerintah Zaher Hajjo mengatakan kepada Reuters, perlawanan dari oposisi dari dalam kota telah menewaskan 36 orang serta sejumlah korban luka di Damaskus dan daerah pedesaan sekitarnya dalam empat hari terakhir.

Guterres menyerukan segera pelaksanaan resolusi Dewan Keamanan PBB yang disahkan pada Sabtu (24/2) lalu untuk gencatan senjata 30 hari di Suriah. (T/RI-1/RS1)

Baca Juga: Mantan Menlu Israel Serukan Penghancuran Total Pelabuhan Al-Hudaydah Yaman

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Baca Juga: Arab Saudi Jinakkan 989 Alat Peledak di Yaman

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Internasional
Palestina
Internasional