Selain Objek Wisata Pantai, Masjid Raya Sumbar Juga Ramai Dikunjungi Wisatawan

Masjid Raya Sumbar.(Foto: UNP)

, MINA – Berbagai destinasi wisata di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat () ramai dikunjungi wisatawan saat libur Lebaran 2022. Salah satunya adalah destinasi wisata religi . Masjid ini menjadi magnet di momen Lebaran selain destinasi wisata pantai.

Setiap hari, Masjid Raya Sumbar selalu dipenuhi wisatawan, tidak saja wisatawan lokal, namun juga wisatawan dari luar Sumbar. Ini dapat dilihat dari plat nomor kendaraan yang tengah parkir di halaman masjid seperti plat B, BK, BM dan lainnya.

Salah seorang pengunjung asal Pekanbaru Erawati mengatakan sengaja datang ke Masjid Raya Sumbar, selain untuk menunaikan ibadah shalat, juga ingin menikmati keindahan masjid.

“Saya baru pertama kali datang ke Sumbar. Dan ingin sekali salat di sini serta foto-foto bersama keluarga. Masjid ini sangat megah dan indah,” tutur Erawati, sebagaimana dilaporkan InfoPublik.id yang dikutip MINA, Sabtu (7/5).

Masjid yang terletak di jalan Chatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang ini  peletakan batu pertamanya dilakukan pada 21 Desember 2007. Pembangunannya tuntas pada 4 Januari 2019 dengan total biaya sekitar Rp. 325-330 miliar.

Konstruksi masjid raya yang dibangun di atas lahan seluas 40 ribu meter persegi ini terdiri dari tiga lantai. Ruang utama yang dipergunakan sebagai ruang shalat terletak di lantai atas, yang disain ruang multi fungsi.

Sang arsitek, Rizal Muslimin, mendesain Masjid Raya Sumatera Barat dengan menampilkan arsitektur modern yang tak identik dengan kubah. Atap bangunan yang terdiri  dari empat sudut, konon terinpirasi dari bentuk bentangan kain yang digunakan untuk mengusung batu Hajar Aswad kala empat kabilah Quraisy berselisih siapa yang berhak memindahkan batu hitam tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Eri Sendjaya mengatakan selain tempat beribadah, pengunjung juga bisa menikmati keindahan masjid untuk berfoto bersama keluarga, kerabat dan lainnya.

Selain Masjid Raya Sumbar, Kota Padang juga punya wisata religi lainnya yang juga ramai dikunjungi wisatawan. Diantaranya Masjid Al-Hakim dan Masjid Masjid Mujahidin. Kedua masjid ini berlokasi di kawasan Pantai Padang.

“Kita saat ini memang tengah memaksimalkan potensi wisata religi, karena dinilai bisa memberikan dampak perekonomian kepada masyarakat,” tutur Eri Sendjaya.(R/R1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.