Semarak Hari Kemerdekan ke-78 di KBRI Nairobi

(Foto: KBRI Nairobi)

Kenya, MINA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Nairobi yang dipimpin oleh Duta Besar Dr. Mohamad Hery Saripudin, menyelenggarakan upacara upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 pada Kamis (17/8).

Berbeda dengan upacara kemerdekaan biasanya digelar KBRI Nairobi, selain dihadiri oleh seluruh staf beserta keluarga dan para diaspora Indonesia, kali ini turut dihadiri oleh Tim Aju Kepresidenan RI.

Dubes Hery dalam keterangan tertulisnya diterima MINA, Sabtu, menyampaikan, upacara kali ini lebih meriah karena turut mempersiapkan rencana kunjungan Presiden Joko Widodo ke beberapa negara di Afrika, termasuk Kenya.

Dia mengatakan, Kenya menjadi negara pertama yang akan dikunjungi Presiden RI dan merupakan tolak ukur keberhasilan dalam upaya perekatan hubungan bilateral kedua negara.

Baca Juga:  Mahasiswa STAI Al-Fatah Ikuti Aksi Peringatan Nakba ke-76

“Setelah lebih dari 40 tahun hubungan bilateral Indonesia dengan Kenya terjalin, baru di tahun 2023 ini kunjungan Presiden akan berlangsung,” ujar Dubes Hery.

Selain itu, lanjut dia, hubungan perdagangan serta pendidikan antara Indonesia dengan Kenya juga mengalami progres kemajuan di mana ketertarikan para pemuda-pemudi Kenya untuk melanjutkan sekolah di Indonesia semakin meningkat.

“Para pengusaha juga semakin tertarik untuk berinvestasi di Kenya,” pungkasnya.

Dubes Hery menambahkan, perayaan Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di KBRI Nairobi akan menjadi catatan sejarah penting bagi kemajuan hubungan kedua negara dengan terus konsisten mengedepankan diplomasi ekonomi dan pendidikan.

Dalam bidang politik, tercatat juga keberhasilan diresmikannya Kedutaan Besar Kenya di Jakarta pada Maret 2022 yang lalu.

Baca Juga:  Sejumlah Daerah Larang Sekolah Gelar “Study Tour”

Dubes Hery berharap, hubungan kedua negara semakin meningkat di berbagai aspek, baik dalam kerangka Government-to-Government (GtoG), Business-to-Business (BtoB), maupun People-to-People (PtoP) contact. (R/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf