Setiap Orangtua Wajib Memotivasi Anaknya Belajar Al-Qur’an

Tanggamus, Lampung, MINA – Setiap orangtua memiliki kewajiban  memberi motivasi kepada anak-anaknya untuk mempelajari Al-Qur’an sebagaimana firman Allah Subhanahu Wata’ala dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 121.

“Orang-orang yang telah Kami beri Kitab, mereka membacanya sebagaimana mestinya, mereka itulah yang beriman kepada-Nya. Dan barangsiapa ingkar kepada-Nya, mereka itulah orang-orang yang rugi.” (Qs. al-Baqarah: 121),” kata Mudir (Pimpinan) Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Al-Muhajirun, Lampung Selatan, Muflihudin, Lc. yang diwakili Mastur, M. H. I pada acara Wisuda Tahfidzul Qur’an Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Fatah , Tanggamus, Sabtu (26/6) .

“Dari ayat di atas dipahami bahwa kitab (Wahyu) Allah yang diturunkan kepada hamba-hambaNya merupakan pengajaran bagi mereka, yang tujuannya untuk mengarahkan dan memberi petunjuk ke jalan yang lurus,” tuturnya.

“Karena itu, para hamba Allah wajib membaca dengan sebenar-benarnya, berulang-ulang, dan berusaha memahami petunjuk Allah yang terdapat di dalamnya,” lanjutnya.

Ia mengungkapkan, orang yang membaca Al-Qur’an akan menampilkan kebaikan, dan sinarnya dari Al-Qur’an yang lebih baik dari pada matahari, dan rumah akan menjadi cerah kalau rumah kita dilantunkan ayat-ayat Al-Qur’an dan ini sebagai contoh dan ketika di akhirat kita sebagai orang tua akan dipakaikan mahkota dari emas.

“Untuk mengamalkannya, dalam Hadits Riwayat Tirmidzi disebutkan, dari Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu’anhu berkata, Rasulullah Shallahu’alaihi Wasallam bersabda, siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الۤمّۤ satu huruf akan tetapi alif satu huruf, laam satu huruf dan miim satu huruf,” jelasnya.

Dalam Hadits lain disebutkan, “Siapa yang menghafal Al-Qur’an, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orangtuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari. Dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia. Kemudian kedua orang tuanya bertanya, “Mengapa saya sampai diberi pakaian semacam ini?” Lalu disampaikan kepadanya, “Disebabkan anakmu telah mengamalkan Al-Qur’an.” (HR. Hakim).

Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Lampung telah memiliki beberapa cabang di berbagai Kabupaten se-Lampung. Diantaranya di Talang Padang Tanggamus ini yang sedang merintis diawali dengan mendirikan TPQ.

Para pengajar merupakan alumni Shuffah Hizbullah yang ditugaskan mengabdi untuk pengembangan Ponpes.(L/rjl/R12/B03-P1).

Mi’raj News Agency (MINA).

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.