Situasi Terkini Demo di DPR, Tol Dalam Kota Lumpuh

Jakarta, MINA – Ribuan massa dari berbagai kelompok mahasiswa, pelajar, hingga buruh kembali menggelar demo lanjutan di sekitar gedung DPR RI, Komplek Senayan, Jakarta, Senin (30/9). Akibatnya, tol dalam kota yang berada tepat di depan gedung DPR lumpuh total.

Pantauan wartawan MINA di lokasi, massa mulai bergerak sejak sore sekitar pukul 16.00 WIB. Demonstrasi yang awalnya damai, berubah ricuh saat beberapa provokator melempari petugas dengan batu yang kemudian dibalas dengan tembakan gas air mata.

Massa kocar-kacir ke arah tol dalam kota. Awalnya, lalu lintas di jalan tol dalam kota ini belum ditutup polisi. Namun, begitu banyak massa yang berhamburan, lalu lintas kendaraan pun terhenti hingga malam hari.

Hingga pukul 18.00 WIB, masih banyak bus serta kendaraan lain yang tertahan, tidak bisa bergerak di tengah lautan demonstran yang meluber ke arah dalam tol dalam kota.

Massa menuntut RKUHP dibatalkan, pencabutan UU KPK yang disahkan, hingga membebaskan mahasiswa dan pelajar yang kini ditahan di Polda Metro Jaya.

Aksi terpusat di tiga titik di sekitar gedung DPR yakni di sekitar Jalan Gerbang Pemuda, Senayan, flyover Slipi, Jalan Gatot Subroto, dan di belakang gedung DPR, Jalan Tentara Pelajar, Palmerah. (L/R06/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)