Sokoto Berangkatkan 3.500 Calhaj

Shana’a, 13 Dzulqa’dah 1437/16 Agusts 2016 (MINA) – Sokoto, salah satu negara bagian , kawasan , memberangkatkan 3.500 calon ke tanah suci Makkah tahun ini, termasuk di antaranya Sultan Muhammadu Sa’at Abakar IV.

Alhaji Abubakar Kaoje, Koordinator Komisi Haji Sokoto (NAHCON), mengatakan pada hari Senin (15/8) bahwa semua jamaah haji itu telah berangkat ke Arab Saudi.

Kaoje kepada Kantor Berita Nigeria (NAN) mengatakan, jamaah langsung diterbangkan dari bandara internasional Sultan Abubakar menuju Madinah.

Jamaah berasal dari wilayah Sokoto (1.500 orang) dan Zamfara (2.000 orang). Jamaah diberangkatkan dalam tujuh penerbangan.

Kaoje menambahkan, memuji upaya jamaah berangkat melalui zona penerbangan dengan tertib dan melalui prosedur keberangkatan.

Dia juga memuji manajemen maskapai yang telah menyediakan pesawat ultra-modern dan pemberangkatan sesuai jadwal.

Sokoto terletak di barat laut Nigeria, di dekat pertemuan Sungai Sokoto dan Sungai Rima, memiliki jumlah penduduk sekitar 427.760 orang.

Negara bagian berpenduduk mayoritas Muslim ini dipimpin seorang sultan bergelar Amirul Mukminin Sultan Muhammadu Sa’ad Abubakar IV (60 tahun, lahir 24 Agustus 1956), yang juga ikut dalam rombongan haji tahun ini.

Ia juga dianggap sebagai pemimpin spiritual bagi 70 juta warga Muslim Nigeria. (T/P4/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)