Sumur Wakaf Kelurahan Bakung Lampung Diresmikan

Bandar Lampung, MINA – Aparat Pemerintah dan warga RT 01 Lingkungan 2 Kelurahan Bakung, Kecamatan Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung menyaksikan serah terima dari Global Wakaf- pada Rabu (12/2).

Menurut rilis yang dikutip MINA, sumur sedalam 45 meter yang telah dibangun sejak beberapa pekan kini telah mengeluarkan air bersih secara normal.

Salah satu penerima manfaat, Edi Sabara (50) mengatakan, sebelum dibangun sumur bor, warga selalu mengalami kesulitan air seperti untuk dikonsumsi.

“Sebelumnya juga, pengambilan air bersih sangat jauh dan hanya dibatasi setiap dua jam, sedangkan warga telah berupaya membuat sumur gali, namun terkendala dengan bebatuan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, warga sekitar mayoritas bekerja di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Bakung sehingga sangat terbantu dengan adanya bantuan sumur wakaf tersebut.

Disamping itu, air bersih yang mengalir dari tiga kran dilengkapi sarana MCK untuk digunakan warga sekitar, serta lokasi tersebut juga telah direncanakan untuk pembangunan mushola.

Pembangunan mushola berada di sebidang tanah wakaf berukuran 8 x 12 meter. Namun, pembagunan urung dimulai karena terkendala dengan minimnya dana yang terkumpul. Untuk itu Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk membantu dalam bentuk uang tunai maupun bahan material.

Camat Teluk Betung Barat Idham Basyar S membenarkan bahwa warga Kelurahan Bakung sangat membutuhkan fasilitas air bersih dan MCK.

Sebagai perwakilan masyarakat dirinya sangat bersyukur telah dibangun sumur wakaf. Ia juga meminta warga untuk menjaga dan memaksimalkan pemanfaatan Sumur Wakaf. Hal ini mengingat pewakif telah meniatkan amal ibadah untuk orang tuanya yang sudah meninggal dunia.

“Mudah-mudahan amal beliau terus mengalir seperti mengalirnya air, untuk itu saya berpesan tolong dirawat, dijaga dan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan warga masyarakat. Terima kasih untuk ACT Lampung, ini sudah yang kesekian kali membantu warga bakung,” ucapnya.

Kepala Program ACT Lampung Regina Locita Pratiwi sangat bersyukur bisa merampungkan pembangunan sumur wakaf ke-408 di Kelurahan Bakung tersebut.

Melihat dari kondisi sosial dan ekonomi warga setempat sangat layak mendapatkan bantuan fasilitas air bersih dan MCK. Selain lokasinya sangat dekat dengan TPA Sampah Bakung, banyak warga yang tinggal ditanah kontrakan.

Masih banyak daerah lain yang membutuhkan fasilitas air bersih dan MCK, untuk itu berharap ada dermawan yang segera membantu pembangunan fasilitas air bersih. Hal ini karena kondisi lingkungan sangat berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat. Harapanya masyarakat dapat melanjutkan kehidupan yang lebih baik.

“Bersyukur banget bisa merampungkan pembangunan Sumur Wakaf ini, Warga sangat bahagia bisa mengambil air dengan jarak sangat dekat. Jadi warga nggak perlu ngeluarin tenaga banyak dan bisa hemat waktu,” ucapnya. (R/cha/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.