Sungai Mangli di Wonosobo Meluap, Merendam Puluhan Rumah Warga

Kondisi Kampung Kasiran Wonosobo setelah diterjang banjir akibat tanggul Sungai Mangli jebol (Foto: File/Humas BPBD Wonosobo)

, MINA – Setidaknya 33 rumah warga di Kampung Kasiran, Kelurahan Mlipak, Kecamatan Wonosobo, diterjang dan terendam akibat meluapnya Mangli, Rabu (4/1) sore.

Sungai Mangli meluap dan mengakibatkan tanggul tidak kuat menahan debit air kemudian jebol sekira pukul 15.30, setelah sebelumnya hujan deras.

Kalakhar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo, Bambang Trie mengatakan, ada dua RT yang terdampak yakni RT 03 RW 08 dan RT 04 RW 08 di Kampung Kasiran akibat meluapnya sungai Mangli.

“Ada sekira 33 rumah yang terdampak banjir ini,” katanya kepada awak media.

Menurutnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun sebagian besar rumah terendam lumpur dan sebagian rumah ada yang jebol akibat diterjang banjir.

Baca Juga:  Selama Ramadhan, BAZNAS Salurkan Dana ZIS untuk 944.699 Mustahik

“Data terdampak RT 03 RW 08 ada 23 KK, lalu 23 rumah RT 04 RW 08 ada 10 KK dan 10 rumah dan total jiwa yang terdampak ada 127 jiwa,” terang Bambang.

Dikatakan, BPBD menerjunkan relawan membangun posko untuk warga yang terdampak banjir. Pembersihan material banjir akan dilakukan Kamis (5/1).

“Untuk penanganan jangka panjang diperlukan pelebaran aliran irigasi Sungai Mangli Wonosobo,” kata Bambang. (L/B04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.