Terima Penghargaan dari BNPB, MER-C: Kontribusi Semua Relawan

Jakarta, MINA – Lembaga kemanusiaan Medical Emergency Rescue – Committee () Indonesia mensyukuri dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (), atas intensitas, konsistensi, dan inovasi MER-C dalam penanggulangan bencana di Indonesia, khususnya di masa pandemi .

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala BNPB Doni Monardo kepada Presidium MER-C diwakili Ketua Divisi Banlog MER-C Ita Muswita, dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) tahun 2021 secara daring, Rabu (10/3).

“Kami bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan yang diterima dari BNPB. Anugerah penghargaan ini adalah kontribusi segenap relawan MER-C di seluruh Indonesia yang selama ini siap sedia meluangkan waktu dan keahlian tanpa pamrih,” kata Ketua Presidium MER-C Sarbini Abdul Murad di Jakarta, Kamis (11/3).

Sarbini mengatakan, para realan MER-C telah menunaikan tugas-tugas kemanusiaan di berbagai wilayah terdampak bencana di tanah air. Ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan masyarakat Indonesia kepada MER-C.

“Penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi bagi MER-C dan seluruh relawannya dimanapun berada untuk terus berkiprah bersama elemen bangsa lainnya dalam membantu penanggulangan bencana alam dan pandemi di tanah air,” ujarnya.

Selama ini, MER-C dikenal sebagai organisasi sosial kemanusiaan yang bergerak dalam bidang kegawatdaruratan medis dan mempunyai sifat amanah, profesional, netral, mandiri, sukarela, dan mobilitas tinggi di dalam maupun di luar negeri.

MER-C bertujuan memberikan pelayanan medis untuk korban perang, kekerasan akibat konflik, kerusuhan, kejadian luar biasa, dan bencana alam di dalam maupun di luar negeri.

MER-C dibentuk oleh sekumpulan mahasiswa Universitas Indonesia yang berinisiatif melakukan tindakan medis untuk membantu korban konflik di Maluku, Indonesia Timur pada Agustus 1999. MER-C merupakan lembaga yang keanggotaannya disebut relawan (unpaid volunteers).

Selain MER-C, penghargaan tersebut juga diberikan kepada stakeholder lainya serta Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, Lembaga Usaha, Tokoh Masyarakat, dan Relawan Covid-19. (L/R2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.