Thailand Bantu Korban Gempa Turkiye Senilai Rp11,3 Miliar

Bangkok, MINA – Sebagai , Thailand menyumbangkan USD757.347 (Rp11,3 miliar lebih) untuk membantu para korban gempa dahsyat yang melanda selatan Turkiye pada 6 Februari dan menewaskan lebih dari 50.000 orang.

Dalam upacara penyerahan donasi di markas Bulan Sabit Merah Turkiye di ibu kota Ankara pada Sabtu (17/6), Duta Besar Thailand Apirat Sugondhabhirom menyerahkan bantuan tersebut.

Sumbangan tersebut, selain bantuan darurat sebelumnya sebesar USD300.000 yang dikirimkan oleh Perhimpunan , bertujuan untuk memberikan dukungan kepada mereka yang terkena dampak gempa bumi.

Dengan donasi baru-baru ini, Palang Merah Thailand telah menyumbangkan total USD787.347 kepada Bulan Sabit Merah Turki.

Bentuk persahabatan dan dukungan ini memperkuat kemitraan jangka panjang antara kedua organisasi dalam Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, kata Sugondhabhirom saat berpidato pada upacara penyerahan sumbangan.

Saat proses pemulihan akibat gempa berlanjut di Turkiye, rakyat Thailand berdiri dalam solidaritas dengan rakyat Turki, kata dia, menambahkan kami “yakin dan berharap rakyat Turki yang tangguh akan membangun kembali dan bangkit lebih kuat dalam waktu dekat.”

Pemerintah Kerajaan Thailand mengulurkan tangan membantu dengan memberikan bantuan kemanusiaan awal sebesar USD150.000 ke Turkiye.

Tim Pencarian dan Penyelamatan Thailand, yang terdiri dari 42 anggota dan dua anjing pencari, memulai misi penyelamatan di provinsi Hatay selatan Turkiye pasca gempa.

Selain itu, Keluarga Kerajaan Thailand memberikan dukungan mereka dengan menyiapkan dua pesawat khusus untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan penting ke daerah yang terkena dampak.

Penerbangan ini mengangkut pasokan penting dalam jumlah yang signifikan, termasuk tenda, selimut, kantong tidur musim dingin, generator listrik, makanan kering, susu, dan air minum, dengan total sekitar 22,35 metrik ton.

Kontribusi Thailand dan upaya bantuan kemanusiaan diakui oleh Presiden Türkiye Recep Tayyip Erdogan, yang memberikan penghargaan kepada Duta Besar Sugondhabhirom dan Lerpong Suansang, pemimpin tim dan perwakilan dari Tim Pencarian dan Penyelamatan Perkotaan -Thailand, dengan upacara pemberian medali kepresidenan pada akhir April. (T/R4/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.