Tillerson Temui Raja Salman dan Empat Menlu

Menteri Lura Negeri Amerika Serikat . (Foto: Heavy.com)

 

Jeddah, 18 Syawwal 1438/12 Juli 2017 (MINA) – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson mengadakan pembicaraan dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz sebelum bertemu dengan rekan-rekannya dari Kerajaan dan tiga negara Arab lainnya yang telah memblokade Qatar.

Pertemuan pada hari Rabu (12/7) itu menyatukan Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UAE), Bahrain dan Mesir bersama Tillerson di kota pantai Jeddah, demikian jaringan televisi Al Arabiya.

Kunjungan Tillerson ke Jeddah diadakan sesudah mengadakan pertemuan  di Doha bersama Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani dan Menteri Luar Negeri Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani sehari sebelumnya.

“Saya pikir Qatar cukup jelas dalam posisinya dan saya pikir mereka sangat masuk akal,” kata Tillerson pada hari Selasa. Demikian Al Jazeera memberitakan yang dikutip MINA.

Tillerson dan Menteri Luar Negeri Qatari juga mengumumkan bahwa AS dan Qatar membuat kesepakatan untuk memerangi “terorisme” dan pendanaannya selama kunjungan tersebut.

Namun, Mohammed bin Abdulrahman mengatakan, nota kesepahaman itu tidak ada kaitannya dengan sengketa saat ini dengan koalisi pimpinan Arab Saudi.

Sementara Arab Saudi, Mesir, Bahrain dan UAE menyebut kesepakatan itu “tidak mencukupi”. (T/RI-1/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.