TURKI: KURS LIRA MENINGKAT, TINGKAT KEPERCAYAAN KONSUMEN MENURUN

Konsumen turki menurun pada Desember
penurunan terjadi setelah peningkatan dramatis pada

Ankara, 10 Rabi’ul Awwal 1437/21 Desember 2015 (MINA) – Tingkat kepercayaan konsumen Turki menurun pada Desember setelah peningkatan dramatis sebelumnya di November, Turki Statistik Institute (TurkStat) mengatakan dalam sebuah laporan, Senin (21/12).

Menurut laporan itu, tingkat konsumsi  turun ke 73,58 pada Desember dari 77,15 November, Anadolo Agency seperti yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Kenaikan dramatis pada bulan Nopember dari bulan Oktober sebelumnya dengan angka 62,78.

Kekhawatiran tentang pekerjaan tampaknya telah dominan. Jumlah orang di daftar ekspektasi pengangguran menurun 7,4 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Kepercayaan ekonomi secara umum juga turun 5,6 persen pada Desember, kata laporan, tapi kepercayaan kepada tabungan meningkat sebesar 1,9 persen.

Kinerja yang lebih baik dengan lira Turki dapat membantu kepercayaan diri meningkatkan perekonomian Turki dalam waktu dekat. Sejak Federal Reserve AS menaikkan suku bunga pada 16 Desember, kurs lira Turki telah lebih tinggi terhadap dolar, naik dari sekitar 2,96 terhadap dolar sebelum kenaikan suku bunga sekitar 2,91 pada Senin (14/12).

“Kami melihat daya tahan dalam ekonomi Turki masih dengan driver pertumbuhan yang baik, pickup ekspor ke Uni Eropa, mata uang murah, keuangan publik yang sehat dan kondisi perbankan yang bagus, dan demografi yang menguntungkan, semua dibantu oleh harga minyak dan komoditas rendah,” komentar Timothy Ash, ahli strategi kredit di bank investasi Nomura di London dalam catatan yang diterbitkan Rabu (16/12).

Produk Domestik Bruto Turki adalah salah satu yang terkuat di antara negara-negara berkembang, pada tingkat tahunan sebesar 4 persen, menurut sebuah laporan oleh TurkStat pada Desember.

Inflasi telah stabil, menurut Bank Sentral Turki, yang mencapai tingkat tahunan 8,1 persen pada November dari 7,58 persen Oktober, TurkStat melaporkan pada Kamis (17/12).

Dalam laporan inflasi terbaru nya, Bank Sentral Turki mengatakan bahwa kenaikan harga pangan adalah salah satu tekanan inflasi yang paling penting tapi mereka mulai jatuh kembali. Laporan ini mencatat bahwa inflasi telah menstabilkan di Turki selama enam bulan terakhir.

Inflasi tahunan berkisar antara sekitar 7 sampai 8 persen selama periode itu.

Dengan inflasi stabil, permintaan domestik terus mendorong pertumbuhan ekonomi di Turki.

Belanja konsumen di Turki meningkat menjadi 22,6 juta lira Turki (7,8 juta dolar) pada kuartal ketiga 2015 dari 21 juta lira Turki (7,3 juta dolar) pada kuartal kedua 2015, menurut Perdagangan Ekonomi. Konsumen Turki menghabiskan sekitar 453,6 juta dolar pada tahun 2014, dibandingkan dengan 447,7 juta dolar tahun sebelumnya.

“Selain itu, rencana kenaikan upah minimum untuk 1300 lira Turki per bulan akan mendukung belanja konsumen lebih lanjut, bersama dengan paket stimulus fiskal yang cukup besar bahwa pemerintah baru telah berjanji,” komentar Bora Tamer Yilmaz, ekonom Ziraat Securities di Istanbul.

Dalam jangka panjang, reformasi struktural yang direncanakan oleh pemerintah sebagai kantor pada 1 November diharapkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Buruh reformasi pasar dan fleksibilitas kerja meningkat bisa membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Turki, lembaga kredit Moody melaporkan. (T/hna/P2 )

Miraj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.