Turkiye Kontak Semua Pihak Fasilitasi Gencatan Senjata

Ankara, MINA – Menteri Luar Negeri Turkiye Hakan Fidan mengatakan, pemerintahnya melakukan kontak dengan semua pihak yang terlibat dalam krisis yang sedang berlangsung di untuk memfasilitasi .

Fidan mengatakan dalam siaran langsung Jumat malam (20/10), Ankara sibuk melakukan diplomasi untuk memfasilitasi gencatan senjata, bantuan kemanusiaan, dan kemungkinan pertukaran tahanan.

Dia menegaskan kembali, Ankara mengusulkan sistem penjaminan dengan harapan menemukan solusi permanen terhadap konflik Israel-, dan Türkiye siap menjadi penjamin.

Fidan juga mengatakan permasalahan negara-negara Muslim adalah mereka tidak menyadari potensi yang dimilikinya, dan mengembangkan sikap bersama untuk mengambil tindakan demi solusi dua negara terhadap masalah Israel-Palestina.

Dia mencatat bahwa banyak negara di Timur Tengah tidak dapat secara terbuka menunjukkan sikap mereka yang sebenarnya mengenai masalah Palestina-Israel, karena negara-negara di kawasan tersebut sedang berhadapan dengan masalah politik, ekonomi atau keamanan mereka sendiri.

Baca Juga:  Universitas Brown Setujui Voting Tuntutan Mahasiswa Pro-Palestina

Sementara negara-negara Timur Tengah sedang melakukan tawar-menawar dengan Barat dan Amerika Serikat, yang memanfaatkannya sebagai kartu truf melawan gerakan perlawanan Palestina.

Fidan juga menyatakan, warga sipil tidak boleh menjadi sasaran serangan. (T/RS2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.